Brand Sirui sebelumnya dikenal sebagai produsen aksesori buat kamera. Kini Sirui melirik pasar smartphone dengan merilis juga aksesori buat kamera ponsel. Yang terbaru dari Sirui adalah dua lensa untuk kamera ponsel.

Lensa pertama adalah lensa telefoto alias lensa zoom. Sementara lensa kedua merupakan lensa anamorphic. Mari kita bahas satu per satu.



Lensa zoom dari Sirui ini bernama TL-400mm Long Focus Lens Kit. Dibuat dengan Schott optical glass plus lapisan anti-pantulan multilayer, lensa ini bisa menghasilkan gambar dengan distorsi yang minimal dan warna yang apik.

Bodi lensa terbuat dari material alumunium yang standarnya sudah seperti pesawat terbang. Lensa ini bisa digunakan buat memotret jarak jauh mengingat jarak focal-nya 400mm.

Lensa anamorphic dari Sirui ini adalah VD-01 yang diciptakan buat loe yang doyan mengambil video dengan ponsel. Lensa ini memberikan efek gambar sinematis dengan aspect ratio lebih lebar di 2.4:1.



Desainnya yang ringkas juga membuat lensa Sirui VD-01 ini bisa langsung digunakan seperti klip di lensa kamera. Lebih simpel daripada lensa tele yang dikeluarkan bersamaan.

Lalu berapa harganya? Sirui TL-400mm Lens Kit dibanderol USD 149,90 atau sekitar Rp 2 jutaan. Sementara VD-01 dibanderol lebih murah di USD 99,90 atau sekitar Rp 1,3 jutaan.