Empat astronot amatir berhasil mendarat di Samudra Atlantik setelah tiga hari berada di luar angkasa. Mereka adalah tim sipil pertama yang pernah mengorbit Bumi.

Awak Inspiration4 berangkat dengan kapsul SpaceX dari Florida dan mendarat di lepas pantai negara bagian. Empat parasut memperlambat penurunan kapsul sebelum mendarat di air, di mana kapal SpaceX melesat untuk mengambilnya.

Tim Inspiration4 dipimpin oleh miliarder Jared Isaacman, kepala eksekutif perusahaan e-commerce Shift4 Payments Inc, yang bertindak sebagai komandan misi.

Baca Juga: Bocoran Kolaborasi Converse Jepang dan NASA



Dia telah membayar jumlah yang tidak diungkapkan, diperkirakan oleh majalah Time sekitar $ 200 juta, kepada sesama miliarder Elon Musk untuk keempat kursi.



Isaacman bergabung dengan tiga orang asing yang telah dipilihnya. Ia adalah mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor, asisten dokter dan penyintas kanker tulang anak Hayley Arceneaux, dan veteran Angkatan Udara Chris Sembroski.

Perjalanan ini menandai ketiga kalinya perusahaan Elon Musk membawa manusia ke luar angkasa dan kembali. Ini juga tonggak sejarah di pasar pariwisata luar angkasa.

Sian Proctor, salah satu dari empat awak, mengatakan kepada National Geographic bahwa dia mulai merasa tidak enak badan pada hari pertama di luar angkasa.

"Penyakit luar angkasa adalah salah satu hal yang diderita banyak orang," kata Proctor.

Para astronot mengalami mabuk perjalanan ketika mereka berada di luar angkasa karena keadaan tanpa bobot yang mereka rasakan dengan gravitasi nol. Kondisi itu pun bissa lebih baik pada hari kedua tetapi kepalanya sedikit pengap.

"Tapi kawan, saya bangun pada hari ketiga, dan saya bersenandung, dan semuanya sempurna," kata Proctor.

Lo tertarik wisata ke luar angkasa? Simak nih Videonya!