Bosan dengan koneksi WiFi lemot? Kini ada yang baru, yakni LiFi (Light Fidelity) yang diklaim lebih cepat dari WiFi, sampai 100 kali lipatnya. LiFi (Light Fidelity) adalah teknologi nirkabel yang mentransmisikan data berkecepatan tinggi menggunakan kekuatan cahaya kasat mata (visible light communication atau VLC).

Seperti dilansir Science Alert, kecepatan LiFi bisa sampai 1GB/detik, 100 kali lebih cepat dari WiFi. Ini sangat kencang dibandingkan standar Wi-Fi tercepat saat ini (802.11ac) yang mentok di angka sekitar 7 Gbps.

LiFi diuji coba di Tallin, Estonia. Diharapkan uji coba ini bisa menghasilkan kecepatan transmisi data sampai 1 Gbps, atau sekitar 100 kali lebih cepat dibanding rata-rata kecepatan WiFi. Tapi karena masih baru, ada kelemahan yakni LiFi butuh bantuan penguat sinyal ke perangkat tujuan yang dilengkapi receiver khusus.

Teknologi ini digadang-gadang menggantikan WiFi, Li-Fi ditemukan oleh Harald Haas dari University of Edinburgh, Skotlandia pada 2011. Ketika percobaan, kecepatan internetnya 224 gigabits per detik.