Di awal kemunculannya dulu, timeline Instagram memunculkan foto sesuai dengan waktu upload. Namun sejak 2016, mereka mengubah algoritmanya dan foto yang muncul di timeline pun jadi acak. Ternyata hal tersebut ada alasannya. TechCrunch menulis, seperti dijelaskan oleh perwakilan dari Instagram.

Ada tiga alasan yang menyebabkan sebuah akun selalu muncul di timeline Instagram loe. Sehingga lo akan merasa melihat akun yang itu lagi itu lagi, padahal selama ini loe termasuk orang yang mengikuti banyak akun di Instagram.

Alasan pertama adalah minat loe terhadap konten yang dibuat oleh akun tersebut. Algoritma Instagram akan menganalisis sebesar apa interaksi loe terhadap konten tersebut, kemudian di waktu yang lain akan menampilkan konten yang sama. Alasan kedua adalah waktu konten di-upload. Meski memang sudah tidak lagi menampilkan konten secara kronologis (sesuai waktu upload), tapi konten baru cenderung akan muncul di atas.

Nah yang ketiga adalah hubungan konten yang diunggah oleh akun tertentu dengan loe sendiri sebagai pengguna. Instagram punya "kemampuan" untuk mendeteksi kedekatan loe dengan akun pengguna konten. Hal ini dilihat dari sesering apa loe menulis komentar di foto akun tersebut dan sesering apa mereka men-tag foto ke loe. Semakin sering intensitasnya maka akan semakin kerap konten akun tersebut muncul di bagian teratas timeline loe.

Selain itu, Instagram juga menyebutkan kalau ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi urutan foto yang tampil. Di antaranya frekuensi membuka aplikasi, jumlah orang yang ada di daftar following loe, dan berapa lama loe menghabiskan waktu untuk scrolling di Instagram.

Mereka pun menegaskan tidak akan kembali ke algoritma lama yaitu sesuai kronologis. Namun berusaha meyakinkan bahwa tidak pernah menyembunyikan konten apapun meski penayangannya random di linimasa.