Jadi fotogafer di dunia yang serba digital itu punya banyak suka-dukanya, bro. Sukanya, loe bisa berbagi foto bareng siapa saja dengan mudah. Karya loe juga diperhatikan oleh banyak orang karena mudahnya akses untuk menemukan foto.

Dukanya? Saking mudahnya berbagi, kadang kala ada saja orang jahat atau pemalas yang mencuri hasil karya. Sebalnya lagi, data-data yang ada dalam foto diubah juga, seakan-akan dia yang bikin foto tersebut. Nggak asik banget kan?

Supaya nggak bete dengan kelakuan para penjahat fotografi tersebut, ikuti beberapa tips di bawah ini.

Pastikan Foto Loe Punya Exif di thexifer.net
Exif itu semacam copyright yang mengusung data-data yang bisa digunakan untuk identifikasi foto atau mempermudah proses pencarian via search engine. Makanya, pastikan hasil foto loe punya informasi Exif yang bisa diidentifikasi dengan mudah.  Cukup loe masukkan data-data seperti nama atau tag di image description. Hal ini bisa ditemukan di thexifer.net, yang bakal membantu untuk mengisi data-data penting dari foto loe.

Daftarkan Foto Loe di Myows
Perlu loe ketahui bahwa ada layanan via internet yang bisa digunakan untuk mendaftarkan karya foto supaya bukti kepemilikan makin kuat. Dan website-website tersebut bakal menjadi penjaga setiap hasil karya, memastikan bahwa nggak ada orang yang menyalahgunakan di tempat lain tanpa loe ketahui.

Salah satu layanan tersebut adalah myows yang bakal membatu loe meregistrasi hasil karya, meng-generat kontrak dan lisensi, mendeteksi penyalagunaan wewenang, dan bakal membantu loe saat akan menuntut mereka yang melanggar hak cipta. Asyiknya lagi layanan ini gratis, Bro.

Temukan Foto Secara Manual via TinEye
Kalau nggak mau ribet ikutan dua website di atas, cek saja penyebaran foto-foto karya loe di TinEye. Tinggal upload foto yang ingin loe temukan dan layanan tersebut bakal memperlihatkan dimana saja foto tersebut digunakan. TinEye menggunakan pendeteksian dengan berbagai cara, termasuk penggunaan warna di foto. Website ini juga dipercaya banget sama website-website besar yang berfokus pada fotografi, seperti Adobe, Associated Press, Groupon, Kayak, Shutterstock, Zoosk dan banyak lagi lainya.

Pasang Watermark di Watermark.ws
Kadang loe berpikir dua kali untuk memasang watermark di foto. Beberapa pertimbangan adalah malas kerja dua kali atau karena terlalu indah buat dicoret-coret. Mulai sekarang, sadari pentingnya watermark buat karya loe, Bro.

Kalau nggak pengen ribet, pasang watermark via online saja di watermark.ws. Nggak perlu ribet bikin watermark satu-satu untuk ratusan foto. Dengan watermark.ws, loe bisa pasang watermark ke foto-foto tersebut dalam sekali langkah mudah. Selain itu, watermark.ws juga punya teks dan grafis menarik yang pas untuk loe gunakan sebagai cap watermark foto loe.

Kontrol Plagiarisme Foto pakai PlagiarismToday
Kontrol penggunaan foto milik loe secara online memang susah, Bro. Kadang pengen sedih saja kalau foto loe digunakan pihak lain seenaknya tanpa bisa berbuat apa-apa. Mulai sekarang, gunakan PlagiarismToday, sebuah website yang bakal memberitahukan tentang pelanggaran hak cipta, tentunya setelah loe mendaftarkan karya foto via online, Bro.

Gimana kalau ternyata foto loe digunakan oleh pihak lain secara nggak bertanggung jawab? Gampang, Bro. PlagiarismToday punya beragam contoh surat yang bisa loe gunakan buat memperingatkan para pencuri tersebut.

Mulai sekarang, belajarlah buat melindungi hak cipta loe sendiri. Gunakan website-website di atas buat memproteksi foto-foto yang sudah dibuat dengan susah payah. Dengan begitu, hasil karya loe bakal lebih dihormati nggak dicuri dengan seenak hati.