Spamming, cyberstalking, sabotage dan sebagainya adalah deretan aktivitas yang marak di dunia cyber atau internet. Siapa yang menyangka jika awal dari kejadian buruk tersebut gara-gara user kurang aware terhadap privasi mereka. Data-data pribadi yang harusnya jadi rahasia malah tersebar dan dimanfaatkan dengan tujuan tertentu.

Meskipun sangat sepele, privasi adalah hal pertama yang harus loe perhatikan ketika berselancar di dunia maya yang nggak ada batasnya tersebut. Nah, beberapa tips berikut bisa loe perhatikan.

Browse in private mode

Private mode atau yang biasanya disebut incognito ini bisa bikin browsing activity loe lebih private. Nggak seperti biasanya, private mode nggak menyimpan history dan juga cookies. Nggak cuma itu, private mode  juga mampu memblock third party yang biasanya digunakan untuk menganalisa data dan juga habit. Fitur ini udah tersedia di hampir semua browser mulai dari Firefox hingga Safari.

Gunakan browser yang menawarkan privacy mode

Menggunakan private mode mungkin jarang loe lakuin, jadi besar kemungkinan loe bakal lupa. Untuk mengatasinya loe bisa menggunakan browser yang setting default-nya adalah privacy mode. Salah satu yang bisa loe gunakan adalah The Epic Browser. Nggak cuma mampu menangkis cookies dan ads, aplikasi ini juga nggak menyimpan history.

Browsing completely anonymously

Meskipun udah menggunakan private mode, loe masih bisa di-tracking lewat IP address yang digunakan. Lewat alamat IP, history browsing activity pun bisa diketahui. Untuk yang satu ini loe butuh yang namanya netmask untuk menyembunyikan alamat IP dari para stalker. Caranya bisa menggunakan virtual private network atau anonymous web proxy.

Menggunakan internet sama seperti loe pergi ke hutan. Sedangkan privacy adalah tameng agar terhindar dari ancaman. Be aware yah, Bro!