Sebagai salah satu populasi penduduk terbesar di dunia Indonesia emang potensinya luar biasa banget, terutama untuk pangsa pasar bisnis. Para pemilik vendor smartphone pun melirik kesempatan tersebut, dan boom! Sukses besar, Guys! Bayangkan aja nih, dalam setahun penjualan smartphone di negeri ini bisa mencapai sekitar USD 4 miliar atau sekitar Rp 51,4 miliar. Wow, banget nggak tuh!

Mungkin karena ini lah, Menkominfo rencananya bakal bikin semua smartphone yang dijual di Indonesia harus punya unsur lokal. So, tiap rilisan baru yang disebar di sini wajib memasukkan konten atau pun komponen buatan Indonesia.

DigitalTrens mengungkapkan jika Menkominfo masih menggodok regulasi ini. Paling lambat bulan depan udah mulai bisa diberlakukan. Lebih lanjut, kementrian bidang teknologi itu juga mengharuskan setidaknya 40 persen komponen smartphone adalah bikinan lokal dan ini adalah sebuah keharusan. Wih, ide bagus tuh!

Alasannya balik lagi ke tingginya penjualan smartphone di Indonesia. Bayangin deh jika peraturan ini dilaksanakan, maka akan makin menghidupkan industri dalam negeri. Nggak menutup kemungkinan para vendor raksasa kayak Samsung dan Apple akhirnya bekerja sama dengan pengusaha lokal. Kalau nggak mau? Don’t sell your smartphone here, Bro!

Nice regulation! Hal ini pun sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang pengen Indonesia nggak jadi negara konsumen terus-terusan. Ada waktunya jadi produsen, dan lewat regulasi ini adalah salah satu caranya. Mudah-mudah cepet kelar deh Peraturannya.