Sebentar lagi masuk tahun 2016, buat loe yang punya smartphone jadul keluaran 2011 ke bawah, disarankan untuk ganti yang lebih baru deh. Pasalnya, mulai 2016 loe udah gak akan bisa lagi browsing dengan gadget kesayangan loe itu..

Situs-situs yang terverifikasi dan terenkripsi, termasuk di antaranya Facebook, Google, dan Twitter, gak akan lagi bisa loe akses dengan smartphone yang umurnya udah 5 tahun lebih.

Untuk di kota-kota besar yang masyarakatnya cukup konsumtif alias suka gonta-ganti smartphone mungkin bukan masalah. Tapi di beberapa negara berkembang lainnya, para pengguna internet bakal kesulitan dengan perubahan ini, bro.

Tapi ada alasan masuk akal tentang perubahan ini. Maraknya cyber crime sekarang bikin semua situs memperbaiki enkripsi situs mereka. Tujuannya jelas untuk membuat para pengguna situs ini lebih aman. Baik aman dari data-data yang mereka bagi atau aman dari virus.

Perubahan ini berlaku bukan cuma untuk smartphone lho. Buat loe yang operating system (OS) komputer atau laptopnya ketinggalan jaman juga bakal ngerasain dampaknya.