Dunia video game masih diramaikan dengan hingar bingar perilisan PS5 dan Xbox Series X. Raksasa teknologi Sony dan Microsoft emang udah lama banget jadi pemain utama di pasaran konsol dan selama bertahun-tahun mendominasi perangkat gaming buatan mereka. Keduanya datang dengan teknologi dan inovasi paling mutakhir yang mereka kembangkan. Mulai dari grafis, hingga controller jadi fokus pengembangan teknologi tersebut.

Tapi kayaknya nih Bro, di tengah persaingan konsol modern berspesifikasi tinggi konsol jadul malah mulai menggeliat lagi. Sebelumnya ada Atari yang merilis Atari VCS, sebuah konsol dengan konsep retro-futuristik berisikan berbagai game ikonik yang sempat menghiasi tahun 80an-90an. Kelihatannya, Nintendo sebagai salah satu brand konsol paling besar juga gak mau ketinggalan buat kembali mengembangkan konsol game jadul.\


Brand asal Jepang ini udah rilis dua generasi dari Nintendo Switch dan jadi handheld console yang sangat populer di antara para gamer. Tapi alih-alih rilis generasi Switch terbaru, mereka malah merilis Nintendo Game & Watch, sebuah konsol handheld berisi game-game jadul di tengah persaingan dua raksasa konsol yang saling pamer teknologi.

Ini tentu jadi sesuatu yang unik karena seperti Atari, Nintendo pun kelihatannya gak mau ikut-ikutan terjun ke dunia next-gen console dan bersaing dengan dua raksasa tersebut. Nintendo malah ngajak para pengguna setia mereka untuk bernostalgia dengan konsol unik ini.

Kerennya, seperti yang bisa lo lihat bahwa Game & Watch rilis dalam ukuran yang sangat mungil. Bahkan lebih mungil dari sebuah power bank untuk ponsel.

Mungkin ini kelihatan gak spesial buat banyak orang, tapi Nintendo sepertinya gak bakal berhenti di sini dengan konsol mungil ini. Mereka bakal kabarnya bakal kembali mengembangkan konsol berkonsep retro super compact seperti ini dan mengisinya dengan jauh lebih banyak game.

Siapa nih yang kangen main game-game retro dari Nintendo dan konsol lainnya?