Sepanjang tahun ini Nokia hadir di Indonesia dengan sederet ponsel Android mereka. Namun tentu saja tidak hanya lini tersebut saja yang jadi proyek Nokia yang dibawahi HMD Global. Brand Eropa itu tetap juga fokus merilis feature phone.

Di beberapa belahan negara, feature phone masih tetap punya pasar tersendiri. Makanya tahun ini lewat ajang IFA 2019 di Berlin Nokia meluncurkan versi modern dari ponsel jadulnya yaitu Nokia 2720.

Dirilis pertama kali di tahun 2009, ponsel clamshell ini tetap mempertahankan desain flip-nya. Lebih modern kini Nokia 2720 dibekali dengan koneksi 4G LTE Cat 4 dan juga WiFi dengan kecepatan data internet download/upload-nya mencapai 150 Mbps/50 Mbps.

Feature phone ini punya dua layar yakni di bagian depan ketika ponsel terlipat yang berukuran 1,3 inci di resolui 240 x 240 piksel yang akan menampilkan notifikasi. Dan di bagian dalam sebagai layar utama sebesar 2,8 inci dengan resolusi QVGA.



Spesifikasinya, Nokia 2720 versi 2019 ini disematkan chip Snapdragon 205 dengan storage 4GB. Sistem operasi KaiOS dari Google untuk feature phone pun bergerak di smartphone ini sehingga mendukung aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, hingga Google Assistant. Selain itu ada juga kamera 2MP dengan LED flash dan slot microSD hingga 32GB.

Nokia mengklaim baterai ponsel ini bisa bertahan hingga 28 hari di mode standby. Rencananya akan dipasarkan di kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Pasifik, dan Tiongkok mulai September ini dengan banderol 89 euro atau sekitar Rp 1,3 juta.