Sebuah terobosan baru dikeluarkan Oculus belum lama ini. Anak perusahaan Facebook tersebut mengumumkan bahwa mereka akan merilis varian baru dari Oculus VR namun tanpa repot terganggu kabel-kabel yang terhubung dari kaca mata ke komputer, konsol game, atau joystick.

VR terbaru ini bernama Oculus Quest. VR standalone yang bisa dimainkan secara mandiri karena sudah terpasang komputer di dalamnya (termasuk juga baterai). Memainkan game lewat VR ini hanya tinggal memasangnya saja di kepala, tidak perlu memulai game dari konsol ataupun komputer.

Oculus Quest didesain untuk pengalaman bermain yang lebih nyaman. Dilengkapi dengan motion controller yang diberi nama Touch untuk melakukan semua gerakan dalam permainannya nanti.

Selain itu VR dari Oculus Quest juga punya empat kamera wide-angle sebagai pelacak posisi tiga dimensi. Dengan kamera ini, pemain bisa berjalan-jalan dalam lingkungan virtual dengan aman.

Oculus menyiapkan sekitar 50 judul game VR untuk Quest nanti. Beberapa di antaranya adalah game populer seperti The Climb dan Moss. Resolusi layar di masing-masing mata adalah 1600 x 1440 piksel dan dilengkapi dengan pilihan mengatur jarak lensa. 

Quest juga punya internal speaker. Yang canggih, chip yang digunakan adalah Snapdragon 835 dari Qualcomm. Oculus Quest dibanderol sekitar Rp 6 jutaan dan akan dijual ke pasaran mulai 2019 awal.