Lima tahun perang paten, Samsung akhirnya bersedia membayar mahal. Samsung akan membayar 548 juta dolar AS atau setara Rp 7,5 triliun kepada Apple atas tuduhan menjiplak paten.

Seperti dilansir The Verge, pabrikan Korea Selatan tersebut berjanji akan melunaskan pembayaran selambat-lambatnya pada 14 Desember 2015 ini. Ini bisa disebut sebagai kemenangan bagi Apple.

Tapi Samsung akan menyerang balik untuk mendapatkan uang dari Apple. Samsung meminta wewenang atas paten yang dipermasalahkan agar bisa menerima pemasukan dari pabrikan berlogo apel itu. Untuk hal ini belum disepakati Apple.

Apple pertama kali menuntut Samsung pada musim semi 2011. Beberapa paten yang dipermasalahkan antara lain tap-to-zoom dan gestur multitouch. Apple sendiri sangat ketat mempatenkan bahkan hal-hal yang kecil.

Jumlah 548 juta dolar sebenarnya masih “sedikit”. Awalnya Apple meminta ganti rugi 2,5 miliar dollar AS. Angka itu kemudian terus menurun menjadi 1 miliar dollar AS, 930 juta dollar AS, hingga terakhir 548 juta dollar AS.