Teknoup.com --- Sebuah laporan yang dihimpun oleh lembaga survey Flurry Analytics menyatakan bahwa para pengguna smartphone kebanyakan tidak tertarik membayar untuk aplikasi mobile. Selama 2010-2012, jumlah aplikasi gratis mencapai 80-84 persen dari seluruh aplikasi yang ada di berbagai platform mobile. Namun di tahun 2013 angka tersebut meningkat menjadi 90 persen, ditambah lagi tren tersebut tidak akan berbalik arah dalam waktu dekat. Pengguna Apple iPad paling royal mengeluarkan uang untuk membayar aplikasi dengan rata-rata membayar 0,5 USD per aplikasi yang diunduh, diikuti oleh pengguna iPhone dengan rata-rata 0,19 USD per aplikasi yang diunduh. Pengguna Android termasuk pelit untuk membeli aplikasi, rata-rata mereka hanya menghabiskan 0,06 USD per aplikasi yang diunduh. chart Meski Flurry menyatakan bahwa konsumen tidak suka iklan, ketika disuruh memilih antara aplikasi gratis dan versi berbayar, sebagian besar memilih aplikasi gratis dan mentoleransi iklan yang ada dalam aplikasi tersebut.