Teknoup.com --- Fitur perintah suara di Android terus dikembangkan oleh Google dan kini mulai menjangkau lebih luas melalui perilisan update Google Search versi 3.5.14 di Play Store. Aplikasi pencarian ini sekarang telah dilengkapi dengan fitur perintah suara "Ok Google" yang bisa diaktifkan di seluruh perangkat Android dengan pengaturan tertentu.

Droid Life menemukan bahwa Google saat ini memperbolehkan pengguna untuk mengaktifkan perintah 'Ok Google' ini di setiap bagian manapun di Android untuk mengaktifkan pencarian suara. Pengguna tidak perlu lagi menuju layar depan namun bisa mengaktifkannya dari browser Chrome misalnya, atau ketika sedang melihat galeri. Update ini bahkan memungkinkan pemakai mengaktifkan perintah suara "Ok Google" dari layar terkunci dan terbukti bisa berjalan dengan cukup baik.

Aktivasi fitur ini dapat dilakukan melalui akses ke Google Now hingga ke bagian bawah untuk mengakses Menu>Setting>Voice> Ok Google Detection dan kemudian menyalakan opsi yang diinginkan pengguna. Untuk menampilkan opsi "Ok Google", pengguna perlu mengeset bahasa ke bahasa Inggris baik versi UK maupun US. 

Google juga memasang fitur Audio History yang akan memanfaatkan rekaman pencarian suara yang sudah pernah dilakukan pengguna untuk meningkatkan akurasi pencarian. Audio History akan mempelajari karakter suara pemakai, bagaimana pengucapannya, dan seterusnya.

Jika pengguna merasa privasinya terganggu dengan adanya fitur ini, Google juga menyediakan pilihan untuk tidak mengaktifkan fitur Audio History ini. Simak video berikut untuk demo selengkapnya.

via Engadget, Droid Life