Seorang musisi dan penyair terkenal bernama Aubrey Drake Graham suatu ketika pernah menyanyikan sebuah lagu. Kurang lebih seperti ini, “It’s not about who did it first, it’s about who did it right.” Penggalan lirik tersebut nggak hanya bisa loe kaitkan dengan hal-hal percintaan tapi juga bisa tentang teknologi sekarang ini.

Yup, contohnya Apple boleh sukses dengan teknologi layar sentuhnya, tapi ternyata bukan Steve Jobs yang pertama menemukannya. IBM lah yang pertama kali memakainya 13 tahun lalu walaupun kurang mendapat respon positif. Nggak cuma itu aja, banyak contoh lain yang pasti bikin loe terkejut.

Sebelum Apple Watch, Timex udah bikin smartwatch duluan

© Businesinsider

Mendengar kata smartwatch, mungkin loe bakal mengaitkannya dengan dengan Android Wear atau Apple Watch. Tapi, tahu nggak ternyata teknologi semacam ini udah ada tahun 1994 lalu lewat jam tangan bernama Timex. Arloji yang proses pembuatannya dibantu oleh Microsoft ini punya berbagai macam fungsi yang sangat keren pada masanya. Mulai sinkronisasi kontak hingga membaca kalender lewat koneksi infra red pada sebuah PC.

Diamond Rio menginspirasi iPod

© Businessinsider

Dua tahun sebelum Apple merilis Ipod pertamanya pada tahun 2001, sebuah mp3 player yang nggak kalah beken dirilis bernama The Diamond Rio. Meskipun jadi portable player pertama, tapi desainnya cukup menyedihkan dengan seringkalinya cover baterai lepas hingga pewarnaannya yang nggak nyenengin. Akhir Apple merilis iPod dengan segala kemampuannya dan sukses besar.

Sebelum Facebook, Friendster udah bikin banyak orang terhubung

© Businessinsider

Meskipun nasibnya nggak jelas sekarang ini, tapi pada tahun 2002 Friendster jadi yang pertama kalau ngomongin sosmed. Friendster kemudian mulai ditinggalkan peminatnya gara-gara kurang berkembang. Selang 7 tahun kemudian, Facebook pertama kali muncul dan perlahan seperti menggerus Friendster nggak bersisa. Loe mungkin membaca artikel ini lewat sebuah link Facebook.

Pertama bukan jadi yang terbaik, walaupun kesempatannya jauh lebih terbuka. Remember it, Guys!