Perkembangan dunia internet dan aplikasi telekomunikasi ternyata berdampak buruk untuk keberlanjutan beberapa dari aplikasi lama. Misalnya aja Windows Live Messenger yang harus tutup gara-gara makin banyaknya aplikasi messenger lain.

Bulan ini tepatnya pada tanggal 31 Oktober, bakal menjadi waktu terakhir bagi aplikasi chat legendaris yang telah beroperasi sejak 15 tahun yang lalu tersebut. Pengembang WLM sepertinya nggak sanggup bertahan melawan eksistensi aplikasi chat lain seperti WhatsApp, Wechat, Line, Kakao, BBM dan lainnya yang lebih populer dan banyak penggunanya.

Sebagai gantinya Microsoft sebagai pengembang, bakal mengarahkan setiap pengguna WLM ke Skype. Seperti yang kamu tahu, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut telah mengakuisisi aplikasi video conference ini seharga USD 8,5 miliar.

Windows Live Messenger yang awalnya bernama MSN tersebut dirilis pada tahun 1999, dan dianggap sebagai salah satu aplikasi paling keren pada masanya. Hal tersebut karena Windows menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) yang saat itu masih belum banyak diimplementasikan. Nggak heran saat itu penggunanya hampir sekitar 330 juta orang.

Dilihat dari Microsoft yang sekarang, sebenarnya bukan hal yang mustahil jika mereka ingin mengembangkan aplikasi ini lebih lanjut lagi. Tapi, Skype sepertinya memberikan sesuatu yang lebih baik dari para tetap mempertahankan MSN.