Game PUBG (Player Unknown's BattleGround) memang sedang digandrungi oleh pecinta game mobile saat ini. Namun tak semua smartphone bisa memainkan game ini dengan lancar mengingat dibutuhkan storage dan grafis yang mumpuni.

Memfasilitasi smartphone low-end hingga mid-end, Tencent pun akhirnya meluncurkan PUBG Mobile Lite. Versi lebih ringan dari PUBG Mobile namun tetap menawarkan pengalaman bermain yang sama seperti versi aslinya.

Versi Lite ini diciptakan untuk bisa dimainkan di perangkat dengan RAM di bawah 2GB. Berbeda dengan versi original yang butuh beberapa gigabit untuk mengunduh game-nya, versi Lite hanya membutuhkan maksimal 500 MB saja.

Namun tentu ada beberapa fitur yang tidak ada di versi ringan ini. Seperti misalnya ukuran peta yang dibuat lebih ringkas ke 2 km x 2 km (aslinya 8 km x 8 km). Durasi permainan dan pertempuran pun jadi lebih singkat.

Selain itu, dalam satu sesi permainan PUBG Mobile Lite hanya bisa memfasilitasi maksimal 40 pemain. Bukan 100 pemain seperti versi originalnya.

Pemangkasan ini dilakukan agar permainan tetap lancar tanpa lag di ponsel dengan RAM 2GB ke bawah. Server permainan juga dibedakan sehingga pemain versi Lite hanya akan bertemu dengan pemain versi Lite, bukan reguler.