Ingat masa lalu ketika adidas dan Nike sibuk memasang pelacak elektronik di sepatu yang lo beli. Itu adalah sebuah langkah untuk membantu lo dengan mudah memantau langkah dan aktivitas.

Nah, sekarang ada level baru dari sepatu buat game. Secara harfiah chip di sepatu itu menggabungkan dengan game video FIFA.

Banyak perusahaan yang mendorong lebih jauh batasan smart wearable dengan jaket dan ransel. Kolaborasi sport apparel dengan perusahaan teknologi pun terjadi.

Baca Juga: Daftar Wasit yang Doyan Kasih Kartu Merah!




Mereka memasukkan chip pintar ke dalam pakaian dan kemudian dipasangkan dengan smartphone untuk menjalankan berbagai fungsinya.

Kini yang paling anyar adalah kolaborasi adidas dengan proyek berjudul GMR. Mereka bikin terobosan memasukkan chip ke dalam sepatu bola melalui sol.

Chip tersebut nantinya bakal menghitung statistik. Fokusnya adalah seputar tendangan, kekuatan tembakan, jarak, dan kecepatan. Hasilnya, buat lo yang suka main bola, bisa langsung terintegrasi dengan FIFA’s Mobile Ultimate Team.



Hasil akhirnya adalah serangkaian tantangan yang memanfaatkan statistik ini untuk membantu meningkatkan peringkat lo. Dan iming-imingnya, FIFA juga bakal mengeluarkan hadiah buat lo.

Salah satu yang pertama diluncurkan adalah 'Master Finisher', di mana pemain harus melakukan 40 tembakan kuat dari dalam kotak penalti dalam jangka waktu satu minggu.