Banyaknya aplikasi yang bisa menunjang traveling loe memang sangat membantu. Loe nggak perlu lagi repot tanya sana-sini untuk mengetahui jalur mana yang kamu tuju. Semua ada di smartphone.

Traveling pasti asoy geboy bro, tapi bisa jadi mimpi buruk kalau loe kurang persiapan atau malah sebaliknya terlalu persiapan Kebayangkan loe, ada 3 atau 4 koper besar yang loe tenteng? Loe kan mau jalan-jalan, bukan mau pindah rumah bro. Jadi pastikan bawa barang yang simpel-simpel aja. Termasuk bawa gadget. Jangan sampai semua gadget loe bawa, cuma karena loe pengin eksis doang. Bawa kamera, bawa laptop, smarphone loe bawa lebih dari satu, power bank, dan yang lainnya. Walah…rempong amat loe.

Ada cara paling simpel mempersiapkan gadget andalan loe menjadi asisten pribadi. Loe cukup dengan melengkapi aplikasi di smarphone loe, biar bisa tetap eksis. Seperti Map, ticketing, dan social media untuk mengupload perjalanan loe, supaya bisa tetep eksis.
Berikut ini bro, aplikasi yang bisa loe jadikan andalan.

1. Skyscanner
Aplikasi ini untuk membantu loe menemukan rute, jadwal dan tarif penerbangan dari seluruh maskapai di dunia. Skyscanner juga memberikan informasi harga penerbangan dari situs-situs agen tiket ternama. Jadi dengan aplikasi ini loe bisa membandingkan harga dengan lebih mudah. Tetapi Skyscanner untuk saat ini hanya bisa digunakan untuk penerbangan internasional saja. Sedangkan untuk penerbangan domestik bisa menggunakan aplikasi Traveloka.

2. Kereta Api Access
Kalau sebelumnya tentang perjalanan udara, maka kali ini untuk rute perjalanan darat menggunakan kereta. Mungkin saja jadwal untuk perjalanan udara sudah terlalu penuh, sebaiknya pikirkan untuk melakukan perjalanan darat. Selain lebih murah, perjalanan menggunakan kereta api juga akan lebih menyenangkan, karena ada pemandangan yang cantik yang disuguhkan di kanan dan kirinya.

3. Waze
Waze ini aplikasi yang didesain untuk para pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi. Karena Waze akan memberikan informasi tentang kemacetan, kecelakaan dan penutupan jalan. Aplikasi ini juga memberikan saran mengenai rute tercepat untuk bisa sampai ke tujuan. Informasi dari Waze dikumpulkan oleh sesama pengguna Waze di kota tersebut. Dan penggunanya telah tersebar di banyak kota.

4. Foursquare (4sq)
Aplikasi ini bisa menjadi aplikasi yang sangat membantu perjalanan loe. Hiburan yang loe inginkan bisa saja ditemukan dalam aplikasi ini. Perlu restoran enak? Pengin ke salon terdekat? Atau mau dapat pasword WiFi gratis? Semua informasi itu dapat diperoleh dari semua traveller lainnya ataupun warga lokal.
Sejak dilakukan peningkatan kinerjanya, Foursquare kini dapat digunakan sebagai partner yang lebih pintar untuk jalan-jalan loe. Misalnya, jika dia tahu kamu vegetarian maka dia tidak akan mengajakmu ke warung sate, dan jika kamu muslim maka dia tidak akan mengajakmu ke gulai babi bakar asam manis. Ajib gak tuh ?

5. Kurrency
Masih pakai kalkulator untuk menghitung dan mengkonversi rupiah? Tinggalkan itu semua. Mari gunakan yang lebih pintar. Dengan Aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah menghitung konversi rupiahmu ke mata uang asing.
Buat loe yang suka berpergian ke negara lain, paling mantep sarankan segera menggunakan Kurrency yang punya desain minimalis.