Internet membawa dampak besar nggak hanya untuk kemajuan peradaban tapi juga perlahan menggeser kebiasaan-kebiasaan yang dulunya adalah hal yang sering dilakukan. Misalnya aja dalam menikmati hiburan, kini jumlah penikmat acara televisi maupun film perlahan menurun tergantikan dengan media baru seperti streaming. Keunggulannya yang mobile dan bisa dinikmati di mana pun membuat internet menjadi pilihan. Praktis, penggunaan smartphone pun meningkat drastis.

Acara televisi maupun film secara statistik menurun cukup drastis dengan degradasi sebanyak 13% dalam lingkup skala global. Nah, kalau dilihat dari range umurnya, rata-rata adalah penonton usia muda paling banyak meninggalkan ranah hiburan tersebut. Indonesia sebagai negara dengan populasi paling padat di dunia, juga ikut menyumbang angka secara global. Pasalnya, negara ini menjadi salah satu yang paling tinggi dalam penggunaan smartphone dan internet.

Ilustrasi / © Shutterstock

Gavin Mann salah satu head departemen Accenture yang telah menyelesaikan riset mengenai perubahan habit ini mengatakan hal yang cukup menakjubkan. Gavin mengatakan kalau kita tengah berada di era dimana menonton TV dan film perlahan mulai ditinggalkan. Semuanya berganti dengan hiburan mobil yang bisa didapatkan kapan pun.

Gavin juga mengatakan bakal sangat susah atau bahkan mustahil untuk mengembalikan orang-orang ke televisi mereka. Jadi bisa dipastikan jika bisnis hiburan nantinya bakal berfokus pada mobile gadget terutama akses streaming.

Well, perubahan ini sama sekali nggak salah karena manusia ingin semuanya serba praktis termasuk dalam menikmati hiburan. Bakal jadi PR besar nih buat para sineas dan juga pengembang program televisi.