TT Artisan memberi pilihan buat para pemilik kamera Leica. Sebuah lensa yang ditujukan untuk kamera rangefinder Leica yang menggunakan lensa M-Mount.

TT Artisan 90mm f/1.25 adalah lensa pertama dari pabrikan ini yang dirancang mirip banget dengan lensa Leica yang asli. Kemiripan tersebut terlihat dari rancangan optik yang mereka hadirkan dalam lensa ini.

Berikut ini adalah spesifikasi dari TT Artisan 90mm f/1.25.

Baca Juga: Tips Komposisi Fotografi Arsitektural



Lensa ini dirancang dengan 11 elemen yang terbagi ke dalam 7 grup berbeda. Empat di antaranya adalah elemen lensa glued sebagai pengendali chromatic aberration.

Diafragma f/1.25 di lensa ini memberikan keleluasaan pengguna dalam menghasilkan foto bokeh yang artistik dan serupa seperti hasil foto menggunakan lensa Leica. Hasil foto yang smooth menjadi sebuah nilai lebih dari lensa TT Artisan 90mm f/1.25 ini.

Lensa ini punya kontrol autofocus manual. TT Artisan tidak memberikan fitur autofocus otomatis yang mungkin jadi salah satu nilai minus dari lensa ini. Namun karena bukan ditujukan buat fotografer pemula seharusnya ini tidak jadi masalah.

Desain bodinya di sisi lain memang dibuat Leica banget dengan konsep minimalis dan nggak ribet. Meski dibuat dengan orientasi Leica, tapi TT Artisan 90mm f/1.25 bisa juga dipasang ke kamera mirrorless lainnya seperti Sony E, Nikon Z, Canon RF, hingga Fuji GFX. Tentunya dengan adapter.

TT Artisan 90mm f/1.25 dijual sekitar Rp 10 jutaan.