Kurang lebih dalam beberapa pekan lagi Samsung akan merilis phablet terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 9. Abaikan dulu rumor seputar kecanggihan smartphone tersebut dan mari fokus ke Stylus yang dimilikinya. Soalnya, Stylus Note 9 disebut-sebut akan punya koneksi Bluetooth.

Hal ini mulai terendus oleh para gadget geek lewat situs Federal Communications Commision of United States. Belakangan situs tersebut menampilkan dokumen sebuah perangkat tanpa kabel dengan kode EJ-PN960 dengan deskripsi Stylus Pen. Kode 960 di belakanglah yang kemudian membuat netizen berspekulasi bahwa ini adalah S-Pen untuk Note 9 yang sudah punya kode SM-N960.

Nah, soal koneksi Bluetooth tersebut sayangnya tidak dijelaskan dalam dokumen yang dipajang di situs itu. Namun tentu ini tidak membuat netizen berhenti memunculkan teori-teori mereka. The Next Web menulis, ada netizen yang menebak-nebak bahwa S-Pen di Note 9 nanti akan bisa digunakan seperti layaknya remote control.

Itu berarti S-Pen ini dapat berfungsi sebagai pengontrol musik dari jarak jauh misalnya. Atau juga bisa dipakai untuk pengganti tombol shutter kamera saat memotret.

Kemudian banyak yang bertanya-tanya, bagaimana dengan baterainya? Mengingat perangkat ini sangat tipis. Selama ini S-Pen tidak membutuhkan baterai karena dayanya dialurkan secara induktif. Namun dengan koneksi Bluetooth yang nantinya akan ada, tentu S-Pen ini akan butuh baterai dalam.

Namun Samsung sendiri belum memberikan keterangan resmi. Mungkin memang harus menunggu 9 Agustus ketika Samsung Galaxy Note 9 diluncurkan di New York nanti.