Sekarang loe bisa punya lightsaber beneran buat nebas stormtrooper, bro. Pasalnya, Google bersama dengan Lucasfilm baru aja merilis halaman Lightsaber Escape yang merupakan Chrome Experiment. Sehingga bisa ngejadiin smartphone loe sebagai lightsaber dan menjadikan PC atau mac dengan browser Chrome sebagai layar mainnya.

Caranya gampang banget, bro. Cukup klik g.co/lightsaber melalui desktop Chrome loe, dan nantinya akan menerima URL untuk dibuka pada smartphone loe. Setelah link tersebut dimasukan pada smartphone, loe harus melakukan kalibrasi terlebih dahulu. Oh iya, buat tetap sinkron, pastiin dulu ya kalo koneksi loe gak lelet.

Secara teknis, Lightsaber Escape yang diluncurkan bertepatan dengan jadwal rilis Star Wars: The Force Awakens ini merupakan bagian dari Chrome Experiment, bro. Biasanya Google membuat aplikasi web yang di-publish di halaman Chrome Experiment untuk mengetahui dan mempelajari apa saja yang bisa dilakukan di web.

Experiment ini menggunakan WebGL untuk grafis 3D-nya dan WebRTC dengan WebSockets untuk komunikasi antara handphone dan desktop PC/Mac loe. Loe juga jangan khawatir sama tools-nya, bro. Karena tools tersebut sudah menjadi standar industri web dan tidak membutuhkan plugin atau ekstensi apapun. Hanya pastikan Chrome pada browser dan handphone kamu menggunakan yang terbaru.