Tahu nggak, smartphone bisa jadi benda jenius lho jika mampu dieksplorasi fungsinya secara maksimal. Nah, dari banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah gadget yang digenggam tangan tersebut, salah satunya adalah mengambil foto. Berbagai spesifikasi fotografi disematkan dalam sebuah ponsel pintar, sehingga fungsinya kadang melebihi kamera pocket.

Tapi, hal tersebut nggak mutlak menjadi penyebab smartphone mampu menghasilkan gambar yang keren. Tentunya ada tips khusus agar hasil jepretan makin maksimal meskipun dengan spesifikasi kamera yang rata-rata. Nah, berikut adalah trik yang disarankan oleh fotografer berpengalaman asal Jerman bernama Lorenz Holder, agar mendapatkan gambar maksimal dengan bermodal smartphone.

Panorama Sequence

Trik ini bikin objek kamu terlihat selalu berada di jalur kamera. Caranya, set mode kamera ke mode panorama, setelah itu geser kamera ke arah yang kamu inginkan secara perlahan. Perintahkan model untuk berpindah tempat dengan cara memutari fotografer untuk mendapatkan view yang diinginkan.

Pano Drive By

Pano Drive By adalah mode pengambilan sambil bergerak. Caranya hampir sama dengan Panorama Sequence, hanya saja teknik ini dilakukan di dalam mobil yang sedang bergerak.

Zoom Lens

Trik ini membutuhkan teropong agar hasilnya bisa maksimal. Caranya siapkan teropong untuk membidik objek yang punya jarak cukup jauh dari tempatmu. Setelah itu tempatkan smartphone di lensa yang biasanya dipakai untuk melihat objek menggunakan mata telanjang. Terakhir, dapatkan gambar objek yang kamu inginkan.

Macro Lens

Pertama yang perlu kamu siapkan adalah air. Nggak usah terlalu banyak, cukup satu tetes saja. Kemudian teteskan air ke lensa kamera smartphone kamu. Setelah itu cari objek kecil yang gambarnya ingin kamu abadikan.

Selamat mencoba ya Guys!