Lagi chatting seru dengan gebetan, tiba-tiba smartphone hilang tanda-tanda kehidupannya. It’s ok bisa sambil charge, tapi sayangnya baterai nggak mau jalan indikator charging-nya. Sabar, jangan keburu emosi dulu, Guys. Sebenarnya banyak penyebab kenapa smartphone nggak mau bangkit ketika diisi dayanya. Bisa dari charger, software atau emang baterainya sendiri yang emang harus pensiun.

Jika hal ini terjadi padamu, jangan bergegas ke service centre atau beli smartphone baru. Sebelum pasrah, nggak ada salahnya coba trik-trik sederhana ini.

Matikan smartphone

Susah di-charge? Coba dengan cara matikan smartphone lalu diamkan sejenak dan kemudian charge. Kebanyakan para user smartphone selalu menyalakan perangkat ketika melakukan pengisian daya. Hal ini tentunya bisa bikin baterai uzur sebelum waktunya.

Perbaiki port USB

Smartphone nggak mau terisi baterainya bisa juga disebabkan port USB-nya kamu kotor. Coba dulu bersihkan dengan cara menggunakan tusuk gigi secara perlahan. Biasanya dengan cara ini pengisian daya bisa kembali normal.

Ganti kabel USB

Port USB pada smartphone udah bersih, sekarang coba kamu lakukan hal yang sama pada kabel USB bawaan charger. Jika masih masih ngadat, sepertinya ada yang bermasalah dengan kabel USB tersebut. Nggak ada pilihan kecuali menggantinya.

Jika udah teratasi, usahakan lebih aware lagi dalam merawat smartphone terutama pada baterai. Semoga berguna!