Pengin menghembuskan isu penting atau trendi lewat sosial media? Atau bikin diri loe cepat tenar? Mendingan loe pakai Twitter bro. Facebook memang sosial media paling popular dengan 1 miliar pengguna, mengalahkan Twitter yang hanya 307 ribu pengguna saja. Namun sepertinya pengaruh Facebook memudar bro. Ini diyakini pakar software Scot Hacker dan Digital Deputy Editor New York Times, Ashwin Seshagiri.

Dalam sebuah kolom bertajuk ‘Twitter For Journalists’ di situs resmi Advanced Media Institution University of Berkeley, dua pakar ini beranggapan untuk isu terkini, Twitter masih menang. Twitter lebih mumpuni kala dimanfaatkan untuk menggaungkan isu atau membuat sesuatu menjadi viral di internet.

Hal itu tak lepas dari karakter Twitter yang bertumpu pada ‘interest graph’. Maksudnya, hubungan antar pengguna Twitter terjalin berdasarkan kesamaan ketertarikan.
Sementara itu, Facebook lebih menitikberatkan ‘social graph’. Maksudnya, hubungan yang terjalin di antara pengguna Facebook berbasis hubungan kekerabatan. Di Twitter juga dikenal istilah seleb twit, namun tak ada seleb Facebook.

"Karena efek amplifikasi ini, Twitter memiliki kedekatan yang tak dimiliki Facebook. Banyak berita besar pertama kali tersebar via Twitter . Untuk banyak peristiwa dan krisis, tak ada yang mengalahkan efektivitas real-time Twitter," seperti dijelaskan kedua penulis itu.