Wah, iPhone Bisa Jadi Kunci Mobil!

LAZONE.ID - Jadi fitur terbaru di iOS 14 nih!

Jadwal perilisan produk-produk Apple mungkin udah lewat, dan seri selanjutnya belum datang, gak menyurutkan brand satu ini dalam berinovasi di bidang teknologi. Pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 ini Apple mengenalkan banyak banget fitur dan inovasi di bidang software untuk semua gadget yang diproduksi brand asal California ini.

Salah satunya yang diperkenalkan adalah iOS 14, upgrade dari sistem operasi iOS 13 yang dirilis tahun lalu. iOS 14 ini nawarin banyak banget fitur baru buat para pengguna iPhone dan iPod Touch. Mulai dari tampilan yang baru, pengoperasian aplikasi yang lebih segar, hingga munculnya fungsi widget dan Pictures in Pictures dibawa oleh iOS 14 ini.

Tapi yang paling unik dari pengenalan update dari sistem operasi ini adalah bagaimana pengguna Apple bisa menggunakan smartphone mereka sebagai kunci mobil!



Fitur ini sebenernya udah diumumkan oleh Apple sejak beberapa bulan lalu, tapi akhirnya dipresentasikan secara resmi lewat event WWDC 2020.

Karena masih dalam tahap awal dalam perilisan, Apple baru menggandeng satu mitra sebagai percobaan kerjasamanya. Pabrikan mobil yang bekerja sama dengan Apple adalah BMW. Kerjasama dengan BMW ini bakal jadi batu loncatan Apple buat mengembangkan fitur kunci mobil tersebut.

Jadi, kunci mobil smartphone Apple ini menggunakan fitur NFC untuk mengaktifkannya. Lo sebagai pengguna Apple tinggal mendekatkan iPhone yang lo punya ke dekat gagang pintu mobil dan nantinya kunci pintu tersebut bakal otomatis terbuka. Pengaturan kunci yang dibutuhkan untuk membuka pintu mobil ini baru bisa diakses melalui aplikasi khusus yang dikeluarkan oleh BMW.

Tapi gimana dengan keamanannya kalau iPhone lo hilang?

Apple kabarnya punya solusi mudah untuk hal tersebut. Kalau penggunanya udah punya aplikasi kunci ini dan takut disalahgunakan untuk orang yang ingin mencuri mobil ketika iPhone-nya hilang, orang tersebut tinggal memutus layanan yang udah didaftarkan lewat iCloud.

Kabarnya, kalau kerjasama dengan BMW ini membuahkan hasil yang positif, Apple bakal melanjutkan kerjasamanya dengan brand mobil lain dan membuat fitur kunci pintu otomatis ini jadi aplikasi yang umum untuk pengguna semua brand mobil.

Canggih banget Bro!