Tak semua aplikasi di ponsel aman untuk dibuka oleh orang lain. Makanya aplikasi pengunci sangatlah dibutuhkan terutama untuk email dan chatroom yang berisi obrolan-obrolan privasi. WhatsApp di iOS kini hadir dengan fitur baru yang memungkinkan loe mengunci aplikasi dan membukanya dengan fitur bawaan iPhone.

iPhone punya fitur Face ID dan Touch ID untuk membuka ponsel yang terkunci. Ini pun dimanfaatkan WhatsApp di aplikasi versi iOS dengan konsep sama. Tanpa butuh aplikasi tambahan, WhatsApp menyediakan fitur pengunci di aplikasi mereka.

Loe pengguna iPhone bisa mengaktifkan kunci ini di bagian Pengaturan - Account - Privacy, lalu memilih menu yang available sesuai versi ponsel loe. Pengguna iPhone 8 atau varian terdahulu bisa menggunakan Touch ID untuk membuka kunci. Sementara pengguna iPhone terbaru (X ke atas) dapat menggunakan Face ID.

Pengaktifan kunci aplikasi ini bisa disesuaikan rentang waktunya. Apakah sesegera mungkin setelah loe menutup aplikasi WhatsApp, atau dalam rentang tertentu hingga satu jam. Kalau Face ID dan Touch ID gagal, loe harus membuka aplikasi dengan passcode iPhone yang loe gunakan.

Membalas pesan lewat notification bar tetap memungkinkan. Hanya saja loe harus tetap membuka kunci dengan Face ID atau Touch ID terlebih dahulu. Fitur terbaru ini belum tersedia di Android karena masih dalam tahap pengembangan.

Update fitur ini bisa didapatkan di AppStore untuk versi 2.19.20.19.