Saat ini keberadaan WiFi udah sama pentingnya seperti gadget itu sendiri. Nggak cuma digunakan untuk berinternet ria, lebih dari itu, WiFi mampu digunakan untuk menghubungkan banyak device. Mulai dari smartphone, smartTV, home appliances, hingga multimedia. Udah seperti mak comblang yang menghubungkan loe dengan banyak calon gebetan.

Kebutuhan yang besar akan WiFi ini ternyata menginspirasi sebuah penemuan unik yang dilakukan oleh para peneliti di Oregon State University. Belakangan, mereka berhasil membuat alat super keren yang pasti bakal bikin loe bilang ‘shut up and take my money’. Gimana nggak, para peneliti ini berhasil menciptakan device yang mampu membuat bandwidth loe meningkat sepuluh kali lipat! Setiap device yang terhubung mampu menikmati kecepatan 50 hingga 100 Mbps. Keren nggak tuh!

© Coolthings

Sebenarnya konsep alatnya sendiri sangat sederhana. Mereka mengombinasikan sinyal radio yang diusung WiFi biasanya dengan sebuah optical data link. Sehingga sinyal yang dihasilkan lebih kencang belum lagi sistem yang dimiliki alat bernama WiFO ini memungkinkan bandwidth jadi lebih lebar lagi.

Alat ini masih dalam tahap pengembangan dan memerlukan banyak penelitian lagi biar makin sempurna. Hal yang jadi perhatian mereka saat ini adalah mengklasifikasi jenis sinyal yang bakal makin memudahkan user nantinya dalam me-manage koneksi yang dibutuhkan.

Bakal jadi alat yang sangat keren kalau benar-benar dipasarkan nih Bro. Era masa depan yang makin mudah bukan lagi cuma mimpi.