Xiaomi Perkenalkan Teknologi Under Screen Camera

LAZONE.ID - Layar handphone sepenuhnya tanpa bolongan.

Layar punch hole kini sudah awam digunakan oleh brand smartphone. Setelah sebelumnya sempat juga trend handphone dengan layar berponi. Xiaomi kini memperkenalkan sebuah teknologi baru yang bisa menyembunyikan kamera depan seutuhnya.

Teknologi ini disebut under screen camera atau kamera bawah layar. Xiaomi mengaku sedang mengembangkan teknologi ini dan mempersiapkan smartphone barunya dengan teknologi tersebut.

Lewat sebuah tweet yang ditulis President of International Xiaomi, Shoi Zi Chew, teknologi under screen camera ini adalah generasi ketiga yang sedang dikembangkan oleh Xiaomi. Rencananya tahun 2021, teknologi ini akan diproduksi massal.

Dalam tweet tersebut diperlihatkan demo dari dua perangkat handphone Xiaomi. Yang satu dengan layar punch hole seperti yang banyak beredar saat ini sementara yang satu dengan teknologi kamera bawah layar.

Secara penampilan benar-benar terlihat mulus tanpa ada lubang kamera yang janggal. Tampilan berbagai menu dan video pun jadi lebih clean karena tidak ada titik hitam di layar.

Lalu diperlihatkan juga demo saat memotret dengan perangkat berteknologi under screen camera tersebut. Meski kameranya tidak terlihat, model bisa tetap melakukan selfie sebaik handphone konvensional.

Tentu ini adalah sebuah terobosan dari Xiaomi yang akan bisa kita lihat kehadirannya di perangkat handphone dalam beberapa waktu ke depan. Meski Xiaomi belum menjelaskan secara detail panel yang digunakannya pada layar dan kapan handphone pertamanya dengan teknologi ini akan dirilis.