Lo mungkin tahu Yahoo sebagai layanan email atau mesin pencari seperti halnya Google. Pada masanya di awal era internet, Yahoo terbilang sangat populer meski kini popularitasnya telah tersaingi oleh Google. Kini, seperti halnya Google, Yahoo bikin smartphone.

Tapi jangan membayangkan smartphone seperti Google Pixel. Karena smartphone Yahoo ini merupakan handphone di entery level yang di-bundling bersama dengan ZTE.

Yahoo merilis Yahoo Mobile ZTE Blade A3Y. Begini spesifikasinya.

Dari sisi warna mungkin sengaja dibuat agar sesuai dengan identitas Yahoo yaitu warna ungu. Desainnya terbilang seperti smartphone kelas pemula kebanyakan dengan pemindai sidik jari di bagian punggung, kamera belakang yang tersusun dalam konfigurasi vertikal, meski yang ini tanpa poni.

Desain yang tidak punya notch ini membuat bagian dahi Yahoo Mobile ZTE Blade A3Y tampak lebih tebal daripada bagian bawahnya.

Layar yang diusung punya resolusi HD berukuran 5,45 inci dengan kepadatan 1440 x 720 piksel. Kamera depannya 5MP dengan kamera belakang hanya ada satu kamera 8MP.

Yahoo Mobile ZTE Blade A3Y datang dengan chipset Mediatek Helio A22 dipadu RAM 2GB dan media penyimpanan 32GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 2TB! Sementara baterainya hanya 2660mAh.

Tentu saja dengan spek seperti ini, harganya pun tidak terlalu mahal. Di Amerika Serikat, Yahoo Mobile ZTE Blade A3Y hanya dibanderol USD 50 atau sekitar Rp 729 ribu saja. Fitur-fitur yang diberikan pun standar smartphone Android yang bergerak dengan OS Android 10.

Karena ini adalah ponsel Yahoo, maka fitur gratis dari aplikasi Yahoo pun diberikan. Seperti email tanpa iklan Yahoo Mail Pro dan layanan premium Yahoo Plus Support.

Hingga kini sepertinya Yahoo hanya akan menjual Yahoo Mobile ZTE Blade A3Y di Amerika Serikat saja.