Smartphone diciptakan di saat yang tepat ketika manusia membutuhkan kepraktisan dalam menjalani hidup. Jadi, jangan heran kalau sekarang loe nggak bisa lepas barang sedetik pun dari perangkat pintar tersebut.

Ada banyak alasan mengapa manusia modern semakin terikat sama benda yang bernama smartphone ini. Berikut adalah 10 fitur smartphone yang mengubah hidup loe jadi semakin tergantung dengan perangkat komunikasi genggam tersebut.

Pendengar Yang Baik
Sejak tahun 2013, smartphone jadi seperti asisten pribadi berkat fitur OK, Google Now. Fitur ini bakal mendengarkan serta memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang loe lontarkan secara lisan kepada smartphone Android. Bahkan Motorola memberi kebebasan buat pemilik smartphone untuk mengubah kalimat sapaan. Jadi, loe bisa mengganti kalimat “OK, Google..” dengan “OK, Budi..” Menarik kan, Bro?

Active Display
Kini loe bisa menyimpan energi baterai smartphone karena notifikasi aplikasi hanya akan ditampilkan di tengah-tengah layar saja, bukan keseluruhan. Untuk membukanya, tinggal tekan dan swipe ke atas untuk membuka aplikasi. Sementara untuk mengabaikannya tinggal swipe ke kanan.

Double Tap To Wake
Double Tap to Wake adalah fitur mengaktifkan smartphone dengan dua kali ketukan. Fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh LG dan produk-produknya lewat “KnockOn”. Kini hampir semua smartphone Android memilikinya.

Bayar Pakai Smartphone
Dengan teknologi NFC kini loe bisa melakukan transaksi langsung tanpa memakai uang kertas ataupun logam. Setelah Apple memperkenalkan Apple Pay, metode ini semakin dinikmati oleh banyak orang. Pastikan loe punya kartu kredit atau debit untuk memulai sistem pembayaran mobile ini.

Sebagai Pengingat Berdasarkan Lokasi
Kini loe nggak perlu lagi kelupaan untuk melakukan sesuatu. Dengan perintah “Remind me to” plus kombinasi GPS, smartphone akan akan mengingatkan tentang apa yang telah dipesankan kepadanya saat melintasi tempat tertentu.

Shake to Redo
Pernah menulis panjang lebar di smartphone dan tiba-tiba saja terhapus? Kalau di PC mungkin loe bisa menggunakan perintah tombol Ctrl+Z, tapi beda lagi dengan smartphone. Di iPhone loe akan menemukan solusi sederhana, yaitu menggoyangkan smartphone untuk mengembalikan pekerjaan yang terhapus secara nggak sengaja.

Pin Screen
Android 5.0 Lollipop punya fitur keamanan baru, yaitu dengan mengunci sebuah aplikasi dengan fitur Pin Screen. Dengan melakukan Pinning, orang lain nggak akan bisa memasuki dan membongkar-bongkar rahasia terdalam yang loe taruh di smartphone. Cocok buat loe yang punya teman super usil.

Reachability Mode
Pernah merasa sebal dengan produsen-produsen smartphone yang bikin layar gede-gedean? Daripada marah-marah, lebih baik loe gunakan Reachability Mode. Dengan fitur ini, sisi terjauh tampilan aplikasi, yaitu yang berada di pojok kiri atas akan dibawa ke tengah layar supaya terjangkau jempol tangan loe, Bro. Fitur ini akan sangat membantu buat loe yang punya smartphone dengan lebar layar lebih dari 5-inci.

Handoff
Ini adalah salah satu fitur yang dibawa iOS 8 untuk melanjutkan sebuah panggilan telepon atau pesan ke perangkat lain. Misalnya, membawa panggilan di iPhone ke MacBook. Untuk mengoperasikannya, loe butuh bantuan Bluetooth dan Wi-Fi.

Fast charging
Dengan spesifikasi yang makin gede, baterai yang diperlukan pun juga semakin besar pula. Dan baterai yang besar nggak mungkin bisa diisi ulang dalam waktu singkat dengan teknologi yang sudah usang, Bro. Untuk itulah diciptakan Quick Charge yang bakal mengisi ulang baterai smartphone canggih loe dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa kecanggihan teknologi yang dibawa oleh para produsen smartphone untuk kenyamanan para penggunanya, Bro. Jadi, bersiaplah untuk makin nggak bisa lepas dari gadget-gadget loe.