Bandung sebagai salah satu kota tujuan berlibur ketika akhir pekan pastinya punya banyak banget tempat nongkrong yang seru. Buat orang Bandung sendiri, nongkrong dan hangout di luar emang jadi pilihan ketika ingin berkumpul bareng teman, atau emang pengen mencicipi menu-menu yang unik.

Sebagai kota yang penuh dengan sejarah, Bandung juga surganya nostalgia masa lalu. Kawasan Braga adalah salah satu lokasi kota tua di Bandung. Selain jalanan kota Bandung yang penuh dengan nostalgia, beberapa tempat nongkrong di Bandung juga sarat akan nostalgia, Bro.

Nih rekomendasi beberapa tempat hangout di Bandung yang nawarin sensasi nostalgia dari gue.

Sumber Hidangan

Bukan cuma desain interiornya yang punya gaya jadul, tapi cafe/resto ini emang udah berdiri sejak tahun 1929. Meski udah memasuki tahun 2020, lo bakal merasa waktu berhenti di masa lalu di tempat ini. Atap bangunan yang terlihat tinggi, kursi-kursi besi yang punya kesan jadul, dan juga kaca etalase makanan kuno menambah kental suasana retro di tempat ini. Tempat yang terkesan luas ini cocok banget kalau lo bawa banyak temen ketika nongkrong. Di antara banyak menu yang ada, es krim di Sumber Hidangan ini diolah dengan cara yang tradisional sehingga punya citarasa yang berbeda dengan es krim modern.

Kopi Purnama

Warkop lawas yang sempat booming di sekitar tahun 2017 ini adalah salah satu tempat nongkrong yang berumur panjang di Bandung. Hanya berselang satu tahun dengan Sumber Hidangan, Kopi Purnama yang udah berdiri sejak 1930 ini nawarin lo suasana tempo dulu di dalamnya. Kalau lo ke sini, gue saranin lo buat pesen roti bakar srikaya dan kopi, Bro. Warkop legendaris Bandung ini jadi tempat nongkrong andalan buat semua kalangan yang ada di kota Bandung.

Braga Permai Resto

Kalau lo berpikiran dua tempat sebelumnya udah tua banget, yang satu ini jauh lebih tua lagi, Bro. Braga Permai Resto ini udah berdiri sejak 1918. Kalau lo ingin merasakan suasana Bandung tempo dulu, tempat ini kayaknya cocok buat lo. Ketika masuk ke Braga Permai ini lo bakal disambut oleh rak-rak kayu jadul yang masih terawat. Daya tarik utama tempat ini adalah banyak dari menunya yang dipertahankan sejak zaman kolonial Belanda. Jadi selain bakal merasakan suasana jadul kota Bandung, lo juga bakal merasakan taste jadul kota Bandung di sini, Bro.

Rasa Bakery Cafe

Di antara keempat tempat yang gue rekomendasikan, tempat yang satu ini punya usia paling “muda”. Berdiri 8 tahun setelah Kopi Purnama, tepatnya pada tahun 1938, Rasa Bakery Cafe cocok banget buat lo yang suka makan es krim. Di tengah menjamurnya tempat nongkrong dengan suguhan utama berupa gelato, Rasa Bakery Cafe tetap jadi pilihan utama buat sebagian orang yang suka es krim. Selain menunya yang punya citarasa juara, Rasa Bakery Cafe juga punya suasana jadul karena ada di dalam sebuah bangunan tua yang berdiri bahkan sebelum cafe ini ada. Mungkin di beberapa bagian terlihat modern tapi itu terjadi karena perawatan yang dilakukan supaya bangunan tetap berdiri kokoh.

Gimana Bro, udah kepikiran mau nongkrong di mana kalau lagi ada di Bandung?