LAzone
Hangout Places

Lara Djonggrang, Restoran yang Penuh dengan Sejarah

  • 03 March 2018
  • 1806 views

Mengedepankan histori melalui hidangan yang disajikan

LAZONE.ID -

Bro, sejarah itu enggak cuma bisa dinikmati lewat peninggalan gedung, prasasti, barang, ataupun catatan. Tapi, yang perlu lo tau, sejarah juga bisa dinikmati lewat hidangan yang lo santap.

Lara Djonggrang adalah salah satu restoran fine dining khas Indonesia yang mengedepankan histori melalui hidangan yang disajikannya. Sajian hidangannya terinspirasi dari ekspedisi yang dilakukan oleh Kerajaan Majapahit saat pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Lo tau dong siapa Raja Hayam Wuruk? yoi doi merupakan raja terbesar dan paling berkuasa di masanya. Nah, saat melakukan ekspedisi inilah terdapat masakan-masakan yang enak banget.

Lara Djonggrang, Restoran yang Penuh dengan Sejarah

Raja Hayam Wuruk dan rombongannya saat itu terkesima sama masakan yang disajikan di setiap kota pelabuhan, yakni Sunda Kelapa, Banten, Samudra Pasai, Barus, Cirebon, Semarang, Demak, Palembang, Ternate, Tidore, dan Perairan Maluku.

Uniknya, kota-kota pelabuhan itu merupakan Jalur Sutra Nusantara. Jadi jangan heran ya kalo di kota-kota itu banyak ditemuin makanan yang mengalami percampuran rasa dari negeri asal para pedagang dari daratan Eropa dan Cina.

Nah, dari situlah Lara Djonggrang terinspirasi dan menghadirkan menu-menu tradisional tersebut, seperti beberapa diantaranya Nasi Kajongan Wayan, Soto Empal Gentong Desa Battembat Cireboam, Sate Ayam Batang Tebu Bululawang, dan Rawon Iga Sapi.

Ada juga makanan yang enggak kalah enaknya nih, seperti Pare Ikan Kukus, Otak Otak Ikan Asam Pedas, Udang Swarloka, dan Gadon Tahu. Sedangkan Ayuning Krambil, Es Cincau Lara Djonggrang, dan Es Campur Mahameru, pas banget disajikan untuk hidangan penutup biar segar.

Enggak cuma makanannya aja yang unik bro, interior Lara Djonggrang juga unik banget, beda dengan restoran fine dining lainnya. Lara Djonggrang sendiri berlokasi di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 4, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

Hangout Places

Menyepi di Goni Coffee, Café nuansa vintage klasik

20 September 2018 967 views share
Hangout Places

Cuma di Kafe Ini, Barista Tapi Meracik Jamu!

16 September 2018 1270 views share
Hangout Places

Lulu, Café berkonsep Jungalow nan tropis di Kemang

13 September 2018 1176 views share
Hangout Places

Copper Club, Kafe dengan Nuansa Tembaga

08 September 2018 4621 views share