10 Tips Bikin Tim Yang Solid

LAZONE.ID - Salah satu strategi untuk menang dalam bisnis adalah dengan memiliki tim yang solid. Masalahnya, menciptakan hal yang semacam itu sangat nggak mudah.

Dunia bisnis yang semakin ketat, mendorong para pelakunya untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik. Berprestasi dan bikin progres yang baik tentunya nggak bakal bisa kamu lakukan sendiri. Yup, kamu membutuhkan tim solid yang bisa bekerja sama untuk mencapai apa yang diinginkan.

Tentu aja hal tersebut nggak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Gimana sih bikin tim yang solid? Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan.

Hapus kebiasaan buruk

Hilangkan kebiasaan lama yang buruk. Ajak orang-orang baru untuk membawa semangat baru dalam tim.

Fleksibel

Jangan terlalu kaku pada aturan-aturan yang ada. Jika perlu berimprovisasilah.

Deskriptif

Berikan alasan kenapa setiap individu harus mengambil peran dalam tim. Jangan lupa pula tanyakan apa yang bisa mereka kontribusikan pada tim.

Manage perbedaan

Buat perbedaan jadi penguat solidnya tim. Wajar jika tiap kepala punya pemikiran yang berbeda.

Komunikasi

Ingatkan untuk selalu berkomunikasi dua arah. Hal itu penting untuk meminimalisir terjadinya miskomunikasi.

Demokrasi

Pilih orang-orang yang menjunjung tinggi hak berdemokrasi. Hal tersebut berakibat pada masalah yang bisa diselesaikan dengan baik-baik.

Kesalahan

Kesalahan yang pernah terjadi merupakan hal yang wajar. Jangan sampai satu pun anggota tim menjadikan kesalahan itu sebagai titik trauma.

Visi dan misi

Perjelas visi dan misi untuk mencapai tujuan. Fokus pada hal tersebut akan memunculkan semangat untuk menggapai hal-hal yang diinginkan.

Saling menyayangi

Tumbuhkan dalam tim rasa saling memiliki yang tinggi tanpa ada pamrih. Ini bakal jadi pondasi penting untuk kesuksesan tim.

Original

Be original! Usahakan jangan sampai ada dalam tim kamu seseorang yang tidak menjadi diri sendiri apa adanya. Daripada kelak jadi bom waktu!

Tim solid bukan nggak mungkin dibentuk. Semuanya butuh ketekunan dan kesabaran. One thing for remember, keep faith on process!