24 Jam Super Produktif, Ini Caranya

LAZONE.ID - Pernah merasa 24 jam nggak bakal pernah cukup untuk bekerja seharian? Sepertinya loe butuh saran-saran berikut!

Padahal udah all out seharian, tapi kenapa pekerjaan tak kunjung selesai? Rasanya 24 jam seperti nggak pernah cukup untuk menyelesaikan tumpukan draft berisi kerjaan itu. Pernah mengalami ini? Well, semua orang terutama pekerja kantoran juga mengalami hal yang sama. Menjadi superhuman dan bekerja seharian tapi nggak menunjukkan hasil yang memuaskan.

Di sisi lain, ada teman kerja yang terlihat biasa aja, tapi mampu bekerja dengan baik bahkan jarang sekali hingga pulang lewat dari jam kerja. Ternyata mereka melakukan trik ini.

Bikin jadwal terencana

Kadang atasan menuntut para pekerjanya untuk bisa mengerjakan semua hal sekaligus. In fact, hal ini sangat susah dilakukan. Agar bisa mengerjakan kewajiban dengan maksimal, maka loe harus fokus pada major task yang diberikan. Ada pun ketika task yang lain muncul, loe bisa kerjakan itu nanti atau mendelegasikannya pada orang lain. Hal ini bisa dibantu dengan menuliskan jadwal harian ketika bangun tidur.

Menyadari kadang disiplin perlahan menurun

Terlalu disiplin kadang malah merusak semuanya. Try to relax dan luangkan waktu sebaik mungkin untuk re-energize. Sebagai ilustrasi, misalnya ketika loe memberlakukan peraturan yang ketat dalam diet, maka besar kemungkinan loe untuk curang. Misalnya aja ngemil dan sebagainya. Hal ini lumrah dan bisa membuat loe me-recharge disiplin untuk seminggu berikutnya. Ranah pekerjaan pun nggak jauh berbeda. Hal curang yang kecil seperti itu bakal bikin loe bisa maintain disiplin dengan lebih baik.

Buang si pemboros waktu

Take a hard look at your schedule. Apakah ada meeting panjang atau panggilan telepon yang hanya buang-buang waktu? Inilah beberapa time waster yang harus loe sadari. Selalu sempatkan memeriksa jadwal harian dan tekan agenda yang nggak terlalu penting dan hanya membuang waktu. Nah, setelah selesai, sekarang waktunya membuang time waster pada dirimu. Misalnya aja dengan mengurangi obrolan kurang penting atau pun mencoba menggoda rekan kerja manis di seberang sana yang justru bikin waktu kerjamu kacau. Sebaliknya, perbanyak diskusi atau ngobrol dengan rekan kerja bervisi sama akan sangat membantumu.

Produktif bukan hal yang mudah tapi nggak mustahil dilakukan. Jadilah superhuman yang efisien sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktunya. Jangan pulang telat hari ini!