5 Kota Yang Ramah Untuk Enterpreneur Perantauan

LAZONE.ID - Apa yang loe lakukan setelah lulus kuliah?

Apa yang loe lakukan setelah lulus kuliah? Sebagian besar cowok Indonesia pasti menjawab, mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar. Padahal kian hari jumlah lulusan mahasiswa yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia kian banyak, yang artinya, makin gede pula jumlah pesaing, Bro.

Sebenarnya generasi muda Indonesia nggak kalah kualitas dengan negara-negara lainnya dalam hal berwirausaha. Hanya saja, pengalaman yang minim seringkali dijadikan alasan untuk takut berwirausaha. Sebenarnya keadaan ekonomi Indonesia saat ini sangat memungkinkan loe untuk menjadi wirausahawan, Bro. Apalagi kalau membuka usaha di beberapa kota yang bakal dibahas di bawah ini.

Jakarta

Yang namanya ibukota negara, hampir semua suku bangsa Indonesia hingga luar negeri berkumpul di sini. Yang artinya, ada banyak macam usaha yang bisa loe lakukan untuk memenuhi hasrat hidup masyarakat Jakarta. Mulai dari jual pulsa hingga pengusaha batu bata bakalan laku keras di sini. Di sini, peluang loe terbuka lebar asal tahu cara untuk mengelola usaha dengan baik dan beda daripada yang lainnya.

Malang

Sebagai kota yang dikelilingi gunung, mulai Semeru, Bromo, Welirang, hingga Kawi, Malang dikenal dengan hawanya yang dingin. Tanahnya subur karena campuran dari letusan-letusan gunung di sekelilingnya. Buat para lulusan Pertanian atau Peternakan, kota ini sangat cocok buat loe untuk berwirausaha karena sesuai dengan mitos kota ini, apapun yang loe tanam bakalan tumbuh.

Membuka bisnis agrikultur atau bidang pariwisata adalah pilihan terbaik karena Malang sangat berdekatan dengan kota-kota seperti Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, dan Blitar yang berhawa panas. Nggak heran kalau banyak pengunjung dari kota-kota tersebut berebut masuk kota Malang untuk berlibur.

Solo

Dinaungi oleh Keraton Surakarta Hadiningrat membuat Solo menjadi salah satu kota dengan budaya yang kuat. Buat loe yang mengambil kuliah di bidang seni, tidak ada salahnya membuka peluang usaha di kota ini, Bro. Menjadi usahawan batik atau berbagai kerajinan seni tentunya menjadi kunci sukses di Solo. Apalagi kalau produk loe punya ciri khas yang bikin banyak masyarakat tertarik.

Jogja

Mirip dengan Solo, Jogja adalah kota dengan budaya yang kental. Tapi dengan sangat banyaknya pengusaha di bidang seni dan budaya, para generasi muda kota ini mulai mencoba untuk mengubah pandangannya. Jangan lupa, Bro. Jogjakarta dikenal punya banyak kampus, terutama kampus dengan fokus teknologi komputer dan desain digital. Membuka usaha start-up di bidang teknologi komputer atau seni digital tentunya bakal membawa kesuksesan buat loe di Jogjakarta.

Bali

Bali adalah magnet wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Walaupun sudah ada banyak pengusaha pariwisata di Pulau Dewata, nggak ada salahnya menjadi pesaing bagi mereka. Ada banyak ide yang bisa loe ciptakan di tempat ini, Bro. Ciptakanlah sebuah bisnis pariwisata yang benar-benar baru dan bisa bertahan hingga waktu yang lama. Barengi pla dengan promo yang gencar di internet supaya semua orang di seluruh dunia tahu dan tertarik dengan jasa yang loe tawarkan.

Itulah lima kota besar di Indonesia yang bisa loe jadikan batu pijakan untuk memulai sebuah usaha. Ikutkan pula tekad yang kuat, pantang menyerah, dan yakin bahwa kesuksesan suatu saat akan menghampiri. Selamat berwirausaha, Bro!