5 Makanan Bikin Fokus/Konsentrasi

LAZONE.ID - Selain mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, makanan tertentu juga dapat membantu loe berkonsentrasi.

Selain mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, makanan tertentu juga dapat membantu loe berkonsentrasi.

Kalo loe mudah konsentrasi, artinya loe pinter. Soalnya, selain meningkatkan konsentrasi makanan ini jug meningkatkan memori dan fokus serta fungsi otak loe meningkat. Apa aja sih, makanan yang bisa membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi? Berikut daftarnya..

1. Glukosa

Setiap bekerja, otak kita memerlukan lebih banyak energi. Sumbernya glukosa yang berada di dalam darah. Glukosa merupakan salah satu penguraian karbohidrat dalam makanan melalui proses pencernaan. Tak hanya itu, otak pun juga memerlukan asam amino serta vitamin dan mineral.

2. Sarapan

Loe terbiasa sarapan kan. Ternyata sarapan memang harus Bro. Dengan sarapan, akan memiliki memori jarak pendek dan atensi yang lebih baik. Dan kalo tidak sempat sarapan, loe bisa mengakalinya dengan menyiapkan menu makanan yang praktis tapi mengandung semua unsur gizi, seperti sandwich atau oatmeal.

3. Ikan 

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, merupakan sumber protein yang berkaitan dengan peningkatan daya ingat. Risiko terjadinya demensia (kepikunan) dan stroke, juga dapat dipatahkan oleh diet tinggi omega-3.

4. Kafein

Siapa yang tak tahu dengan kafein? Bagi sebagian orang, kafein adalah zat yang bisa menghilangkan rasa kantuk ketika sedang melakukan aktivitas dan juga memiliki sifat antioksidan. Tak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan IQ dan membuat anda lebih berkonsentrasi. Walaupun efeknya hanya sebentar, kafein dapat membuat anda untuk lebih tetap terjaga.

5. Cokelat dan Kacang-kacangan

Sama halnya seperti kafein, cokelat hitam juga memiliki sifat antioksidan yang kuat dan stimulan alami yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Untuk sumber antioksidan vitamin E, terdapat di Kacang-kacangan dan biji-bijian yang berhubungan dengan penurunan kognitif yang lebih rendah seiring bertambahnya usia anda.