5 Strategi Bertahan di Dunia Entrepreneur

LAZONE.ID - Memulai usaha emang sulit, namun mempertahankannya jauh lebih sulit. Nah simak tips berikut agar mampu bertahan di dunia entrepreneur.

Ada suatu ungkapan yang mengatakan jika memulai bisnis jauh lebih mudah dari pada mempertahankannya. Sepertinya ungkapan ini ada benernya juga jika dilihat dari permasalah yang ada ketika bisnis tersebut udah berjalan. Ibarat gunung, bisnis itu bisa naik dan bisa turun. Nah untuk terus bisa bertahan dengan bisnismu, simak deh tips berikut ini.

Tetap fokus

Setiap bisnis harus punya tujuan akhir, jadi pastikan untuk tetap mengejar apa yang menjadi tujuan bisnismu. Namun nggak ada salah juga mencoba beberapa alternatif atau jalan yang bisa memudahkanmu untuk mencapai tujuan tersebut.

Bangun tim yang bagus

Tim sangat menentukan sukses atau nggaknya sebuah bisnis. Maka dari itu, meramu tim yang pas itu wajib hukumnya. Salah satu tips adalah menempatkan seseorang pada bidang yang paling dikuasainya.

Jangan takut dengan perubahan

Banyak jalan untuk bisa mencapai tujuan yang sama, jadi lebih fleksibel aja. Orang sering gelisah ketika apa yang dilakukannya mulai melenceng dari rencana awal, padalah jika bisa diketahui kelebihannya, bukan nggak mungkin bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Pastikan pendanaan yang benar

Pastikan untuk menyesuaikan pembiayaan dengan tepat. Misalnya ketika harus melakukan proyek besar, maka gunakan kemampuan untuk menarik investor. Namun jika pendanaan udah bisa dilakukan sendiri, maka lakukan hal tersebut.

Percaya diri

Apapun yang sedang terjadi, kembalikan semua pada tujuan yang ingin diraih. Kebanyakan orang mulai hilang kepercayaan diri ketika bisnis sedang jatuh. Padahal hal tersebut adalah sebuah siklus yang harus dilalui.

Semoga tipsnya berguna ya Guys.