5 Tips Menjadi Pemimpin

LAZONE.ID - Menjadi seorang pemimpin ideal emang bukan sesuatu yang mudah. Tapi, jika tahu caranya, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan.

Pemimpin pada hakikatnya sama dengan pengusaha, mereka dibuat bukan dilahirkan. Tapi, sayangnya saat ini keduanya seperti kehilangan makna yang sebenarnya. Belum lagi ditambah dengan gambaran media tentang gimana sosok pemimpin besar yang hanya diidentikan dengan kekayaan dan punya perusahaan besar aja.

Nah, agar nggak salah kaprah tentang konsep kepemimpinan, berikut adalah tips-tips gimana jadi seorang pemimpin yang ideal.

Berkorban

Menjadi pemimpin yang hebat harus mau berkorban untuk kesejahteraan orang yang dipimpinnya. Nggak semua pemimpin mau berkorban lho. Orang yang mempunyai sifat seperti ini bisa dipastikan diikuti oleh anggota yang sangat loyal.

Mampu berbuat adil

Adil emang susah. Pasalnya, definisi dan implementasinya begitu luas. Bukan disebut adil jika cuma mampu membagi rata aja tapi nggak sesuai dengan porsinya. Kadang sifat ini diidentikkan dengan kemampuan untuk meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya.

Nggak harus selalu jadi yang benar

Pemimpin yang besar adalah yang selalu bisa mengakui kesalahan. Setelah itu, mau untuk dikritik meskipun oleh orang yang berada di bawah posisinya. Otoriter dan merasa selalu benar bukan tipe yang ideal untuk ditempatkan pada posisi penting. Pasalnya, orang dengan sifat seperti ini nggak bakal bikin perusahaan maju ke depan.

Nggak mengulangi kesalahan yang sama

Nggak peduli sehebat apa kamu, tapi masih sangat mungkin untuk melakukan kesalahan. Bahkan semua orang pun melakukan hal tersebut. Tapi, perbedaannya terletak pada gimana cara mengantisipasinya agar nggak melakukan kesalahan tersebut untuk yang kedua kalinya.

Bertindak secara tepat

Nggak hanya mampu membuat planning aja, seorang pemimpin hebat harus bisa mengeksekusi apa yang telah direncanakannya dengan tepat. Pasalnya, maju dan berkembangnya perusahaan sangat bergantung dari hal tersebut.

Menjadi pemimpin ideal emang nggak mudah. Tapi, jika tahu caranya bukan hal yang mustahil kok.