Acroyoga, Ngos Tapi Josss!

LAZONE.ID - Kombinasi gerakan akrobatik dan yoga. Menantang secara fisik dan mental.

Bosan dengan latihan atau olah raga yang begitu-begitu aja? Loe harus coba acroyoga. Olah raga yang berasal dari India ini mulai jadi tren di tahun-tahun belakangan ini. Di Indonesia, bahkan nggak sedikit yang mulai menekuni acro yoga.

Pengertian acroyoga adalah salah satu jenis yoga yang mana setiap gerakan yang dilakukan mengandung unsur akrobatik dan tentu saja yoga itu sendiri. Bukan hanya itu bro, arcoyoga kerap disebut memadukan art dan seni penyembuhan.

Acroyoga berasal dari kata acrobatic dan yoga. Beberapa gerakan ini terlihat seperti terbang dan jungkir balik. Akarnya memang dari India, tapi pertama kali diperkenalkan oleh pasangan Jessie Goldberg dan Eugene Poku. Mereka melakukannya di tahun 1999 dalam sebuah pertunjukan yang menggabungkan unsur akrobatik, yoga dan dance. Setelah itu pasangan Jason Nemer and Jenny Klein membuat Acroyoga Inc. di California tahun 2006

Jangan loe pikir gampang bro. Olah raga ini membutuhkan kelenturan, konsentrasi serta kekuatan ekstra. Maka dari itu sebelum melakukan acroyoga sebaiknya harus tahu dulu mengenai yoga secara keseluruhan. Ambil kelas yoga. Ini juga dimaksudkan agar terbiasa dengan istilah dan gerakan yoga. Latihan acroyoga ini juga membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi satu sama lain karena memerlukan jalinan hati dan emosi yang kuat.

Ada 3 posisi penting di acroyoga. Base, Flayer dan Spotter. Gampang? Nanti dulu... Base berperan sebagai tumpuan yang sudah pasti memiliki tulang dan tahu persis tentang posisi atau kuda-kuda, sedangkan Flyer harus wajib memiliki keseimbangan. Sedangkan Spotter boleh dibilang sebagai instruktur, dia harus menjaga jika Flyer terjatuh tidak cedera fatal.

"Jujur yang bikin keringetan itu harus konsentrasi penuh. Gak percaya coba aja konsentrasi dengan durasi 10 menit dah pasti ngos-ngosan deh,"tutur Bianca dengan posisi sebagai Flyer, seorang profesional muda yang melakukan hal ini sekali setiap minggunya.

Eits, acroyoga tidak hanya diperuntukkkan bagi pasangan aja bro. Bisa juga dilakukan dengan orang tua dan anak, yang penting bisa sadar akan perannya ya. Pada saat acroyoga posisi yang di atas akan seperti melayang, sementara yang di bawah akan menahan beban untuk mendukung partnernya dalam melakukan pose-pose artistik. Gerakan pada acroyoga ini juga harusmemfokuskan pada kontak mata.

Pokoknya loe sepelein bisa urusan patah-patah. Be carefull, get your focus, bro...