Awas Bro, Overdosis Cemilan Berbahaya!

LAZONE.ID - Bro, loe nggak pernah lepas dari cemilan waktu nonton bola atau nonton film? Ati-ati bro bikin ketagihan lho.

Bro, loe nggak pernah lepas dari cemilan waktu nonton bola atau nonton film? Ati-ati bro bikin ketagihan lho.

Menurut dr. Ira Ariyanti, dokter di salah satu rumah sakit milik pemerintah, ketergantungan pada cemilan tanpa diimbangi olahraga akan mengganggu stamina badan. "Kalau olahraga, artinya keringat yang dikeluarkan tubuh membantu mengeluarkan zat-zatnya melalui keringat," bebernya. Apa saja sih, cemilan dan minuman yang mengganggu tubuh kita?

1. Gula-gula

Permen, coklat susu, dan makanan tinggi gula lain memang bisa menunda rasa kantuk. Tapi ingat, kebanyakan bisa bikin mulut ketagihan. Jika memang menginginkan, pilih yang low sugar atau sugar free.

2. Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi memiliki kadar gula tinggi. Jadi bukan karbonasinya yang membahayakan, tetapi kadar gulanya. Coba aja tes, buka minuman dan letakkan di meja, tunggu sampai karbonasi hilang, rasakan minumannya, manisnya banget Bro.

3. Camilan Berbumbu

Ini yang bikin susah berhenti ngunyah. Kandungan bumbu yang ditaburkan di camilan yaitu garam dan MSG tentunya bikin cemilan makin lezat. Padahal kalau perlebihan bisa meningkatkan risiko hipertensi. Belum lagi kalau ada bahan pewarnanya, karena biasanya pewarna yang dipakai bukan pewarna makanan tetapi pewarna pakaian.

4. Mie Instan

Bahayanya mie instan, karena kandungan garamnya yang tinggi, penyedap rasa serta lapisan mienya yang konon mengandung lilin.