Body Language Penentu Kesuksesan Presentasi Bisnis

LAZONE.ID - Selain slide unik dan materi yang bagus, body language juga diperlukan untuk menampilkan presentasi yang bagus.

Ketika bisnis udah mulai diperhitungkan, maka bakal makin banyak kerja sama hingga investor yang ingin terlibat dengan usahamu. Agar bisa memuaskan mereka tentang produk unggulanmu, presentasi yang keren mutlak diperlukan.

Banyak nih yang harus dipersiapkan untuk membuat presentasi menjadi hal bakal diingat oleh investor atau pelanggan. Penyampaian materi yang baik, slide yang unik dan yang nggak kalah penting adalah body  language.  Nah, berikut adalah tips gimana gaya bahasa tubuh yang baik ketika melakukan presentasi agar hasilnya makin maksimal.

Tegakkan punggung dan lebarkan dada

Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan dirimu, serta membuatmu lebih rileks ketika bernapas.

Senyum

Lakukan hal ini untuk membuat para audience menjadi nyaman ketika mendengar semua uraian yang kamu sampaikan.

Pandang mata audience

Pandangan mata ke mata efektif untuk membuat audience menaruh perhatian mereka hanya pada presentasimu.

Tetap tenang

Tetap tenang ketika memberikan uraian. Terlalu tergesa memberikan kesan jika kamu adalah orang yang nggak percaya diri.

Berjalanlah

Ketika penyampaian mulai terasa sedikit membosankan, maka coba lah untuk berjalan-jalan beberapa langkah. Hal tersebut bakal membuat perhatian audience tetap terjaga padamu.

Kombinasikan gerakan

Nggak hanya tersenyum aja, tapi cobalah mengombinasikan semua gesture tubuh kamu. Hal tersebut bakal membuat presentasi semakin menarik di mata audience.

Gunakan telunjuk dan mata

Ketika ingin menyampaikan poin penting, maka gunakan telunjuk dan mata kamu untuk melihat apa aja yang harus menjadi perhatian para audience.

Berhenti sejenak dan ambil nafas

Ketika para audience menyampaikan pertanyaan, maka kamu bisa sementara untuk berdiam sejenak dan menarik nafas pelan. Hal ini dapat membantumu untuk menjawab pertanyaan sulit.

Bikin presentasi menjadi acara yang berkesan nggak susah kan Guys?