Cara Cerdas Berbisnis Kuliner

LAZONE.ID - Buat kamu yang pengin berbisnis kuliner, boleh banget nih ikutin tips berikut.

Berbisnis kuliner membutuhkan keseimbangan dari banyak aspek, misalnya kreatifitas, kemahiran bisnis, kemampuan memuaskan pelanggan serta kemampuan entertain. Jadi, jika mempunyai bisnis kuliner adalah impian kamu, maka sebisa mungkin selain mempelajari hal-hal penting seputar bisnis tersebut, banyaklah belajar dari pengalaman orang lain agar kamu bisa memprediksi jika sesuatu menuju ke arah yang nggak terduga dan kemudian bisa menggapai kesuksesan.

Fakta di lapangan menunjukkan jika hampir 60% dari bisnis kuliner yang baru buka biasanya tutup setelah beberapa lama. Alasannya adalah ketidakmampuan mengelola manajemen sehingga banyak banget kesalahan yang dibuat. Buat kamu yang pengin berbisnis kuliner, boleh banget nih ikutin tips berikut.

Konsep
Sebelum memulai membuka tempat usaha, alangkah baiknya jika kamu rencanakan dulu konsep yang bakal kamu buat. Konsep bisa kamu kembangkan dari banyak hal misalnya tempat lokasi dan target market kamu. Nama juga penting lho, biasanya nama yang unik maka akan lebih banyak dikunjungi. Serta yang paling penting adalah makanan untuk bisnis kuliner itu sendiri.

Rencanakan keuangan
Rencana keuangan benar-benar sangat penting. Restoran atau tempat bisnis kuliner kamu ibarat tubuh, dan keuangan adalah darahnya. Jadi sebisa mungkin atur keuangan. Termasuk ketika awal pembukaan. Banyak yang ngga mengindahkan hal tersebut, sehingga ketika awal pembukaan bisnis, udah terbebani biaya yang sebenarnya bisa banget dikurangi jika lebih jeli sejak awal.

Pegawai
Kesuksesan suatu usaha biasanya ngga lepas dari bagaimana orang-orang yang menjalankan usaha tersebut dengan senang hati. Jadi pilih karyawan yang kamu prediksikan bisa diajak bekerja sama dan membangun usaha bersama-sama. Kamu bisa mengetahui hal tersebut saat interview. Jadi gunakan kesempatan itu sebaik-baiknya untuk kemajuan bisnis kuliner kamu.

Hal terpenting setelah perencanaan adalah segera melakukan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk deh mulai sekarang.