Cara Kerja Kopi Melindungi Gigi

LAZONE.ID - Bukan hanya menambah energi aja, ternyata kopi bisa membuat gigi makin kuat lho jika dikonsumsi secara rutin dengan jumlah tertentu.

Kamu suka minum kopi pada pagi hari? Sepertinya, kebiasaan tersebut harus dipertahankan deh. Pasalnya, bukan hanya menambah energi aja, ternyata kopi bisa membuat gigimu makin kuat. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Boston University. Kesimpulan yang dihasilkan adalah, seseorang yang sering mengonsumsi kopi lebih jarang mengalami keropos gigi.

Meskipun kopi bisa meninggalkan noda di gigi, tapi para penikmat kopi jarang sekali mengalami pendarahan gusi atau masalah gusi lainnya. Bahkan penelitian tersebut juga meneliti faktor lain yang bisa menyebabkan masalah di mulut seperti rokok, pengonsumsian alkohol, hingga menyikat gigi terlalu keras. Ternyata tiga hal tersebut nggak terlalu berpengaruh pada gigi para coffee lover.

Ternyata yang bisa memberikan manfaat keren tersebut adalah kandungan anti oksidan dan anti-inflammatory effect yang ada di dalam secangkir kopi. Ketika zat tersebut dibarengi dengan caffeine, maka bisa memerangi kerusakan oksidatif dan peradangan yang menyebabkan penyakit gusi. Kerusakan oksidatif sendiri dapat menyebabkan beberapa penyakit berat, seperti rheumatoid arthritis dan diabetes.

Nggak mengejutkan kalau lebih banyak kopi yang diminum maka bakal semakin membuat sehat gigi dan gusi peminumnya. Tapi, harus diingat bahwa mengkonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi per hari juga nggak baik untuk kesehatanmu. Pasalnya, hal tersebut bisa menimbulkan hal-hal yang nggak nyaman seperti jantung berdebar dan masalah tidur.