Grooming itu nggak cuma soal keliatan rapi dan wangi. Itu juga tentang ngerawat diri lo sampai ke kulit dan tubuh, biar lo lebih percaya diri dan nyaman sama penampilan lo sendiri. Dengan grooming yang benar, lo bisa ningkatin rasa percaya diri dan kesan pertama yang baik, khususnya pas lo ada di setting profesional kayak waktu interview kerja. Grooming yang teratur juga penting buat mencegah penyakit kulit dan infeksi, bahkan bisa bantu lo mendeteksi masalah kulit dari awal. Jadi, nggak heran kalau punya perlengkapan grooming cowok yang tepat itu penting banget.banner-ads

Sebagai cowok, lo harus tau nih apa aja alat grooming yang harus lo punya. Mulai dari set manicure untuk menjaga kuku tetap bersih, beard trimmer buat yang punya kumis atau jenggot, sampai hairdryer biar rambut lo nggak cuma kering tapi juga styled sempurna. Dan nggak lupa, produk-produk skincare khusus pria buat merawat wajah. Nggak cuma itu, lo juga perlu tau tips merawat alat-alat grooming lo biar awet dan maksimal fungsinya. So, siap-siap buat dive deeper ke dunia grooming cowok dan temuin alat-alat apa aja yang wajib lo punya buat keep up dengan perawatan diri lo.

1. Manicure Set

Manicure Set, Esensial Alat Grooming Cowok 
SOURCE: Pinterest

Manicure itu bukan cuma buat cewek, bro. Buat lo yang pengen tampil maksimal, ngurusin kuku itu penting banget. Dengan punya Manicure Set sendiri, lo bisa jaga kebersihan tangan lo. Setidaknya, set basic yang harus lo punya itu ada gunting kuku, alat kikir kuku, alat dorong kutikula, dan pinset. Pastikan semua alat tersebut terbuat dari bahan yang tahan karat ya.

Kenapa Harus Nyiapin Waktu yang Rutin untuk Manicure?

Gak cuma soal estetika, bro. Memotong kuku secara rutin itu penting buat mencegah kuku terlalu panjang yang bisa jadi sarang bakteri dan kuman. Jadi, jangan anggap remeh perawatan kuku ini, ya.

2. Beard Trimmer

 
SOURCE: Pinterest

Kenapa Perlu Pakai Beard Trimmer?

Punya penampilan yang rapi itu penting, bro. Trimmer membantu lo menjaga kebersihan dan gaya jenggot atau kumis lo, yang notabene bisa meningkatkan daya tarik lo. Plus, menggunakan trimmer khusus untuk wajah dan tubuh itu lebih higienis.

Cara Merawat Beard Trimmer

Biar trimmer lo awet, ikutin tips ini:
  • Bersihkan Trimmer Setelah Pemakaian
Rinse trimmer lo dengan air hangat dan keringkan dengan baik setelah setiap pemakaian.
  • Asah Pisau Trimmer
Gunain pasta gigi dan sikat gigi lama untuk mengasah pisau trimmer lo. Ini bisa membantu pisau tetap tajam.
  • Soak Trimmer
Sebelum membersihkan, rendam trimmer dalam air untuk melunakkan kotoran yang menempel.

3. Tongue Scraper

 SOURCE: Pinterest

Kenapa Lo Harus Bersihin Lidah?

Bersihin lidah itu sama pentingnya sama sikat gigi, bro. Pakai tongue scraper itu bisa bantu menjaga keseimbangan mulut dengan ngilangin bakteri jahat. Ini ngebantu banget buat mulut dan napas yang lebih fresh.

Baca Juga: Jadi LAzone Membership Bisa Dapat Mesin Kopi Keren Ini!



Selalu sikat gigi dulu baru bersihin lidah. Lo bisa pake tongue scraper, sikat gigi, atau obat kumur. Tapi inget, jangan terlalu keras pas bersihin lidah biar nggak cidera.

Jadi, bro, jangan lupa masukin rutinitas bersihin lidah ke dalam perawatan gigi lo. Ini penting banget buat kebersihan mulut dan kesegaran napas lo!

Bakteri dan Bau Mulut

Nah, bakteri di lidah itu bisa ngeluarin volatile sulfur compounds (VSC) yang bikin napas lo bau, bro.

Cara Pakai Tongue Scraper

  • Keluarin lidah lo sepanjang mungkin.
  • Taruh tongue scraper di bagian belakang lidah.
  • Tekan pelan dan gerakin scraper dari belakang ke depan lidah.
  • Bersihin scraper setelah setiap pemakaian.
  • Ulangi 2-5 kali.

Pentingnya Bersihin Lidah

Bersihin lidah secara rutin bisa ngilangin bakteri, sisa makanan, dan sel mati di lidah, yang bisa mengurangi bau mulut. Plus, ini juga bisa mencegah tumpukan plak di gigi dan lidah lo. Manfaat lain dari bersihin lidah bisa ningkatin indera rasa. Jadi, makanan jadi lebih nikmat.

Tips Merawat Tongue Scraper

Bersihin scraper pake air hangat dan sabun setelah pemakaian, terus keringin dan simpen di tempat yang bersih dan kering.

5. Hairdryer

 SOURCE: Pinterest

Mengeringkan rambut lo nggak cuma penting buat style tapi juga buat kesehatan kulit kepala. Pake hairdryer itu bisa bantu menjaga kulit kepala tetap bersih, ngurangin kelembaban berlebih, dan ngasih tampilan yang lebih rapi. Tapi, milih hairdryer yang tepat itu juga penting, tergantung dari tipe rambut lo, style yang lo mau, dan budget yang lo punya.

Tips Merawat Hairdryer

  • Bersihkan Hairdryer Setelah Pemakaian
Bersihkan hairdryer lo dengan rutin setelah pemakaian untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran yang bisa merusak motor dan elemen pemanas.
  • Gunain Pelindung Panas
Selalu gunain pelindung panas saat menggunakan hairdryer untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan akibat panas berlebih.
  • Hindari Penggunaan Berlebihan
Ngegunain hairdryer dengan suhu tinggi secara terus-menerus bisa merusak rambut lo, jadi sesekali biarkan rambut lo kering secara alami.

6. Penggunaan Sunscreen di Tubuh & Wajah

 SOURCE: Pinterest

Nggak cuma cewek aja yang perlu pake sunscreen, cowok juga butuh banget buat melindungi kulit dari sinar UV yang bisa bikin kulit cepet tua dan rusak. Jadi, jangan lupa pake sunscreen setiap hari, bro!

Tips Merawat Alat-Alat Grooming

Bersihkan dan Rawat Alat Cukur Lo!

Perawatan alat grooming ini penting banget biar alatnya awet dan performanya tetep oke. Pertama-tama, pastiin lo selalu bersihin alat cukur setelah dipakai. Bilas aja pake air mengalir buat ngilangin rambut, kotoran, dan bakteri yang nempel. Trus, biar bakterinya bener-bener mati, rendam alat cukur lo dalam air hangat selama 5 menit. Setelah itu, keringin alat cukur lo dengan baik supaya nggak karatan. Simpen di tempat yang kering dan jauh dari kelembapan ya, bro. Oh iya, jangan sampe lo pinjemin alat cukur lo ke orang lain, biar nggak nyebarin bakteri atau infeksi.

Jaga Kebersihan dan Ketajaman Pisau Cukur

Ketajaman pisau cukur itu kunci buat dapetin cukuran yang rapi dan nyaman. Rajin-rajinlah membersihkan pisau cukur dengan air hangat buat ngilangin karat dan tumpulnya pisau. Trus, asah pisau cukur lo secara teratur buat menjaga ketajamannya dan durabilitasnya. Tapi hati-hati ya, bro, jangan sampai cidera pas lagi cukur.

Cara Menggunakan Alat Grooming Secara Efektif

Pahami Fungsi dan Instruksi Alat

Sebelum lo mulai menggunakan alat grooming, penting buat ngerti fungsi dan cara pakai masing-masing alat. Misalnya, beard trimmer dan hair clippers itu beda fungsi, jadi jangan sampe salah pake ya. Selalu baca buku panduan yang disertakan dengan produk untuk menghindari kesalahan yang bisa merusak alat atau bahkan cedera.

Siapkan Area Grooming yang Bersih dan Terang

 SOURCE: Pinterest

Pastiin area tempat lo grooming itu bersih dan terang. Ini penting banget biar lo bisa liat dengan jelas dan menghindari iritasi kulit atau infeksi. Plus, area yang bersih membantu menjaga alat lo tetap higienis.

Gunakan Alat Secara Bertahap

Jangan terburu-buru, bro. Mulai dengan setting yang paling rendah atau dengan attachment yang paling besar, terutama kalo lo baru pertama kali menggunakan alat tersebut. Ini bisa membantu lo menghindari potongan yang terlalu pendek atau hasil yang tidak lo inginkan.

Simpan dengan Benar

Setelah dibersihkan dan kering, simpan alat grooming lo di tempat yang kering dan bebas debu. Kalo ada, gunakan tas atau kotak penyimpanan yang biasanya disertakan saat pembelian. Ini penting untuk melindungi alat dari kerusakan dan kotoran.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, alat grooming lo bakal lebih awet dan performa grooming lo juga maksimal. Jadi, jangan lupa perhatiin cara penggunaan yang efektif ini, bro!
‚Äč