Style

Etika Bisnis Yang Dipelajari Dari Game of Thrones

  • 25 June 2015
  • 294 views

Mencoba menggali sisi-sisi lain saat menonton sebuah serial TV, loe pasti menemukan banyak hal positif yang bisa diaplikasikan

LAZONE.ID -

Nggak selamanya film-film di televisi itu nggak ada gunanya, Bro. Kalau nggak sekedar mengikuti cerita, dan mencoba menggali sisi-sisi lain saat menonton sebuah serial TV, loe pasti menemukan banyak hal positif yang bisa diaplikasikan pada kehidupan nyata.

Nah, karena sekarang loe-loe lagi rame ngikutin serial Game of Thrones, nggak ada salahnya mengambil sedikit dari sekian banyak pesan yang muncul di film yang mengangkat tentang cara cerdik untuk survive di jaman pertengahan ini. Dan berikut adalah etika berbisnis yang terinspirasi dari beberapa karakter di Game of Thrones.

Petyr Baelish
Karakter ini dikenal sebagai sosok yang penuh strategi, berani melakukan hal yang berubah-ubah untuk supaya posisi dia nggak terganggu orang lain dan mendapatkan keuntungan dari berbagai situasi yang timbul.

Dalam berbisnis, loe harus bisa terus mengembangkan diri dengan melihat situasi yang ada, terutama supaya loe tetap survive di iklim bisnis yang makin ketat. Sama seperti Petyr Baelish, Bro. Bedanya, dia melakukannya supaya tetap bertahan hidup.

Daenerys Targaryen
Mungkin loe adalah salah satu yang meragukan kepemimpinan sosok Daenerys Targaryen karena selalu saja minta nasihat orang lain. Well, untuk seorang pemimpin yang belum tahu apa-apa, kenapa harus sok tahu? Nggak usah malu untuk belajar, terutama dari yang ahli, Bro.

Dalam berbisnis, loe pasti mengenal orang-orang yang bisa survive bertahun-tahun membangun bisnisnya. Inilah yang harus loe pelajari dari mereka. Dan karena itu pula Daenerys selalu bertanya kepada para mentornya, Jorah Mormont dan Barristan Selmy, dalam ambisinya untuk menjadi Ratu dari Tujuh Kerajaan.

Jorah Mormont
Mentor, pelindung, sekaligus pembimbing Daenerys Targaryen ini adalah contoh terbaik tentang kejujuran dan kesetiaan. Ketika loe tidak lagi mempercayai kedua sifat tersebut, maka kehancuran bakal datang menyambut.

Daenerys begitu mempercayai sosok Jorah, tapi Jorah adalah pengkhianat yang pernah membocorkan informasi kepada musuh serta menghancurkan kepercayaan sang Ratu. Beruntung Daenerys sosok pemaaf yang nggak lupa dengan kejujuran dan kesetiaan Jorah, dan hanya mencopot jabatannya saja.

Tyrion Lanister
Tyrion Lanister adalah salah satu sosok utama di Game of Thrones yang selalu direndahkan karena fisiknya. Padahal orang-orang nggak menyadari bahwa dia adalah sosok yang penuh strategi dan cerdas.

Kalau loe adalah pebisnis yang seperti Tyrion, memiliki keterbatasan untuk menunjukkan bahwa sebenarnya loe juga bisa melakukan segala sesuatu. Hanya satu jawabannya, jangan menyerah. Terus lakukan apa yang loe bisa untuk menunjukkan eksistensi loe.

Sama seperti Tyrion yang membunuh ayahnya sendiri, tapi masih punya harapan bahwa dia bisa lolos dari hukuman mati yang mengancamnya.

Jon Snow
Jon Snow adalah karakter paling utama di Game of Thrones sekaligus simbol dari pertemanan. Nggak seperti karakter karakter lainnya, semua orang menyukai Jon Snow karena dialah yang mampu menyatukan perpecahan menjadi sebuah kekuatan.

Begitu pula dalam etika berbisnis, Bro. Loe harus bisa merangkul sebanyak mungkin kolega, semampu loe. Buat pondasi kekuatan yang kuat supaya bisnis tetap bertahan meski digoncang badai seperti apa pun.

Itulah beberapa etika bisnis yang bisa loe pelajari sambil menikmati tayangan Game of Thrones. Walaupun jalan ceritanya sering berakhir menyedihkan, tapi nilai-nilai yang loe dapat dari film ini juga sangat besar, Bro.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...