Fakta Menarik Tentang Keringat

LAZONE.ID - Tahu nggak sih, ternyata keringat adalah salah satu fenomena menarik yang terjadi dalam tubuh manusia.

Tahu nggak sih, ternyata keringat adalah salah satu fenomena menarik yang terjadi dalam tubuh manusia. Kamu bisa berkeringat karena kepanasan, gugup, atau bahkan saat mengonsumsi makanan pedas. Nah, masih banyak nih fakta lain dari keringat. Berikut adalah ulasannya.

Jumlah kelenjar keringat

Kamu memiliki 2-4 juta kelenjar keringat di dalam tubuh dan kakimu sendiri memiliki sekitar 250.000 kelenjar keringat. Nah, itulah sebab mengapa kaki lebih sering berkeringat.

Penyebab keringat

Berkeringat karena stres atau kepanasan adalah hal yang berbeda lho. Ketika berkeringat karena penyebab panas, maka keringat dihasilkan dari kelenjar ekrin. Sedangkan ketika stres, benda cair tersebut berasal dari kelenjar apokrin.

Kelainan keringat

Kelainan keringat berlebih disebut dengan hiperhidrosis dan sekitar 3% orang memilikinya. Sedangkan untuk yang mengalami kelainan keringat kering dinamakan anhidrosis. Sangat berbahaya jika tubuh nggak berkeringat sama sekali. Jadi, ketika kamu mengalami hal semacam itu, maka harus segera diperiksakan.

Karakteristik keringat

Ternyata keringat itu nggak berbau lho. Bau yang dihasilkan tersebut ternyata berasal dari bakteri yang ada di kulit. Selain itu, keringat juga memiliki rasa yang asin, dan kadarnya berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh mereka.

Berkeringat adalah gejala yang wajar terjadi pada tubuh dan bahkan menjadi indikasi baik atau nggaknya metabolisme tubuh.