Gelar Sarjana Aja Nggak Cukup Buat Eksis di Dunia Usaha

LAZONE.ID - Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa jumlah lulusan perguruan tinggi lebih banyak daripada lapangan pekerjaan.

Semua orang berusaha mendapatkan gelar pendidikan tertinggi, tapi banyak lulusan sarjana yang nggak dapat pekerjaan yang layak. Kenyataan tersebut bahkan masih tetap berlaku sampai sekarang, Bro.

Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa jumlah lulusan perguruan tinggi lebih banyak daripada lapangan pekerjaan. Hasilnya, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan begitu ketat.

Langkah terbaik adalah dengan menjadi pengusaha. Bahkan pemerintah Indonesia pun mendorong generasi muda seperti loe untuk menjadi pengusaha. Dan untuk menjadi seorang wiraswastawan jempolan dibutuhkan lebih dari sekedar gelar sarjana, Bro.

Berikut adalah tips buat loe supaya eksis di dunia usaha.

Kembangkan Skill Leadership
Pengalaman didapatkan bersamaan dengan waktu. Setuju, Bro? Dengan memiliki sebuah perusahaan, entah besar atau kecil, berarti mendidik diri loe sendiri untuk berpikir layaknya pemimpin. Saat-saat awal mungkin penuh dengan keraguan dan ada sedikit salah di sana-sini. Jangan putus asa dan terus berjuang karena itu adalah pelajaran terbaik buat loe untuk mengembangkan skill leadership.

Miliki Kemampuan Teamwork
Sebuah perusahaan dibangun bukan dengan dua tangan loe, tapi juga dukungan dari tangan-tangan lain, termasuk para karyawan, satpam, bahkan office boy. Untuk itu, milikilah kemampuan teamwork yang mumpuni. Sembunyikan ego saat berada di lingkungan usaha loe. Dukung orang lain untuk berkembang dan, percayalah, mereka akan mendukung loe dengan sepenuh hati untuk ikut berkembang bersama mereka, Bro.

Jangan Ragu Under Pressure
Pesanan datang di saat-saat terakhir dengan jumlah yang nyaris nggak mungkin bisa dipenuhi? Jangan bilang mustahil dulu. Terima tantangan itu untuk mengembangkan mental, Bro. Cara mengatasi pressure mungkin nggak diajarkan di lingkungan kampus, tetapi tunjukkan bahwa loe bisa mengatasi berbagai masalah ataupun tekanan nggak pakai air mata. Sukai tantangan dan lihat bagaimana mental dan kedewasaan loe berkembang ke arah yang lebih baik.

Perbanyak Skill di Luar Ijasah (bahasa asing, grafis)
Jangan merasa cukup setelah memegang selembar ijazah karena orang yang punya pengalaman serta skill seluas samudera jauh lebih dihargai. Untuk itu selalu buka diri loe untuk hal-hal baru, terutama skill yang penting untuk pekerjaan. Loe boleh pintar matematika, tapi apalah gunanya ilmu itu kalau nggak bisa bahasa asing di era globalisasi ini? Begitu juga dengan ilmu-ilmu lainnya. Terus perkaya ilmu. Bisa dengan ikut kursus, kuliah lagi, ataupun otodidak, terserah loe, Bro.

Punya gelar sarjana dari satu disiplin ilmu memang nggak akan pernah cukup karena ilmu pengetahuan terus berkembang. So, jangan stuck di situ-situ saja. Terus kembangkan dirimu dalam setiap usaha yang loe rintis. Selain itu, dengan skill yang beraneka ragam juga membuka kemungkinan buat loe untuk membuka usaha lainnya.

Terus belajar dan belajar, Bro!