Haggis, Sosis Jeroan Khas Skotlandia

LAZONE.ID - Sosis lezat berbumbu rempah dari hati, jantung dan paru domba. Menu eksotik buat menemani scotch atau whisky Skotlandia.

Sosis lezat berbumbu rempah dari hati, jantung dan paru domba. Menu eksotik buat menemani scotch atau whisky Skotlandia.

Sapa bilang bule enggak doyan jeroan? Justru sebaliknya, di Skotlandia, mereka menciptakan sosis jeroan yang rasanya luar biasa yummy. Namanya Haggis, merupakan salah satu menu khas mereka.

Dibuat dari campuran ati, jantung dan paru domba yang dicincang halus dan dicampur lemak babi, biji oatmeal, bawang, rempah bumbu, garam serta kaldu lalu diisikan ke kantung perut hewan kaki empat, seperti babi, domba atau sapi. Bentuknya dibuat bulat, kira-kira sebesar jeruk bali, lalu direbus sampai matang.

Selanjutnya haggis bisa digoreng kering atau dipanggang. Warna luar kecokelatan, dan bagian dalamnya kehitaman. Disajikan bersama mashed potato atau kentang tumbuk, semacam lobak, ditambah saus serta sayuran. Minumnya, sudah pasti scotch whisky kebanggaan Skotlandia.

Rasanya gurih dan sekilas mirip sosis, dengan kandungan kolesterol yang meyakinkan banget! Karena alasan ini, sekarang tersedia haggis vegetarian dan halal, dengan bungkus menggunakan bahan sintetis alias nggak pakai kantung perut hewan lagi.